Gerak Cepat, Inggris Jadi Negara Pertama yang Pakai Vaksin Corona Pfizer

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 612 2320394 gerak-cepat-inggris-jadi-negara-pertama-yang-pakai-vaksin-corona-pfizer-rPthiJqoW6.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VAKSIN virus corona Covid-19 milik Pfizer yang bekerja sama dengan BioNTech memang sudah siap digunakan untuk umum. Pasalnya, regulator Inggris, MHRA, mengatakan vaksin tersebut menawarkan perlindungan hingga 95% terhadap Covid-19.

Inggris pun menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui penggunaan vaksin corona ini. Penggunaan vaksin secara luas, rencananya akan mulai dilakukan pekan depan.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, mengatakan vaksin ini merupakan bantuan untuk memerangi covid-19. "layanan Kesehatan Nasional siap untuk mulai memvaksinasi awal pekan depan," katanya seperti dilansir dari BBC Indonesia.

Adapun vaksinasi, dapat dimulai untuk orang-orang dalam kelompok prioritas tinggi. Saat ini, Inggris telah memesan 40 juta dosis, cukup untuk memvaksinasi 20 juta orang, masing-masing mendapat dua suntikan.

Sayangnya, baru sekira 10 juta dosis akan segera tersedia. Ini adalah vaksin tercepat yang pernah dikembangkan. Prosesnya hanya membutuhkan waktu 10 bulan dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan vaksin yang sama, yang biasanya berlangsung selama satu dekade.

Meski vaksinasi bisa dimulai, namun para ahli meminta masyarakat tetap waspada dan mengikuti aturan virus corona untuk menghentikan penyebaran.

Masyarakat pun tetap harus menjaga jarak sosial dan menggunakan masker. Pengujian pada mereka yang mungkin tertular perlu terus dilakukan dan mereka juga harus diminta melakukan isolasi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini