Smartphone Ini Diklaim Anti-Corona, Bisa Dicuci dan Bunuh Kuman

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 21:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 612 2320548 smartphone-ini-diklaim-anti-corona-bisa-dicuci-dan-bunuh-kuman-VAeiqI9hqr.jpg Smartphone anti-corona. (Foto: Bullitt/Oddity Central)

PANDEMI virus corona (covid-19) memaksa semua orang makin menjaga kebersihan. Salah satunya terhadap benda yang setiap hari digunakan seperti ponsel pintar atau smartphone.

Smartphone sendiri selama ini dikenal sebagai benda yang mudah kotor. Segala jenis bakteri dan mikroba bisa menempel di bodinya karena selalu dipegang tangan. Oleh karena itu, sebuah perusahaan di Inggris coba membuat smartphone antimikroba, termasuk anti-corona, pertama di dunia.

Baca juga: Beli Bir Cuma Rp100 Ribu, Pria Ini Beri Tip Rp42 Juta 

CAT S42 yang dibuat dengan merek Caterpillar adalah salah satu smartphone dengan harga paling murah dan terbersih yang bisa dibeli. Peringkat IP68-nya memungkinkan perlindungan total terhadap debu dan air. Selain itu, perusahaan pembuatnya benar-benar mendorong pengguna untuk mencuci dan membersihkan ponsel mereka di bawah air mengalir.

Namun mulai 2021, CAT S42 akan mendapat lapisan perlindungan ekstra berkat teknologi baru yang disebut teknologi antimikroba biomaster. Diharapkan teknologi ini dapat menghentikan persebaran kuman.

Baca juga: Cara Madonna hingga Anggota Queen Peringati Hari AIDS Sedunia 

Dikembangkan oleh Bullitt, sebuah perusahaan yang berbasis di Kota Reading, Inggris, ponsel antibakteri pertama di dunia ini akan menggunakan ion perak.

Dikutip dari Oddity Central, Rabu (2/12/2020), ion tersebut disematkan pada bahan casing-nya selama proses produksi untuk menghentikan persebaran dan penggandaan patogen. Meskipun teknologi Biomaster tidak secara aktif membunuh bakteri atau virus, Bullit mengklaim dapat mengurangi jumlah bakteri di perangkat tersebut.

Mereka mengatakan mampu menghilangkan hingga 80 persen bakteri dan virus dalam waktu 15 menit dan 99,9 persen dalam 24 jam. Namun, pabrikan menekankan bahwa S42 harus dicuci secara teratur dengan sabun dan air, pembersih, dan bahkan pemutih untuk memastikannya tetap bersih.

Baca juga: Unik, Tikus Ini Lumuri Bulunya dengan Racun untuk Hindari Pemangsa 

"Ini penting bagi pengguna yang bekerja di lingkungan perawatan kesehatan atau sosial, dan mereka yang mengunjungi banyak lokasi untuk pekerjaan. Penambahan perlindungan produk antimikroba ke dalam Cat S42 adalah yang pertama untuk ponsel Cat, dan akan membuat Cat S42 lebih aman bagi pengguna," tutur Peter Cunningham, wakil presiden Bullitt Group.

Saat ini smartphone CAT S42 sudah dijual di toko, namun varian dengan teknologi antimikroba Biomaster hanya akan tersedia awal tahun depan.

Baca juga: Penelitian Terbaru Sebut Main Boneka Kembangkan Keterampilan Sosial Anak Loh 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini