6 Bahan Alami Ini Bisa Lho Atasi Rambut Rusak, Yuk Gunakan

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 481 2320699 6-bahan-alami-ini-bisa-lho-atasi-rambut-rusak-yuk-gunakan-HmmRoSzSzm.jpg Ilustrasi. (Foto: Engin Akyurt/Pixabay)

RAMBUT rusak dinilai sebagai mimpi buruk. Penampilannya yang mengembang, bercabang, dan kering sangat terlihat tidak sehat dan bahkan menakutkan.

Beberapa wanita menyerah terhadap rambut rusak karena sulit diatur, rontok, dan kusut. Mereka biasanya memangkas rambut sampai pendek. Walaupun bisa tumbuh panjang lagi, penantiannya bisa membutuhkan waktu lama.

Baca juga: Tak Perlu ke Salon, Ini 5 Masker Alami untuk Rambut Rusak 

Berikut enam bahan alami yang bisa mengatasi rambut rusak, seperti dirangkum dari The Healthy, Kamis (3/12/2020).

1. Alpukat

Alpukat diperkaya vitamin, asam lemak esensial, dan mineral yang akan membantu mengembalikan kilau alami rambut. Buatlah masker alpukat yang dicampur dengan sebutir telur dan dihaluskan. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal lakukan secara rutin seminggu sekali.

Rambut rontok. (Foto: Slavoljubovski/Pixabay)

2. Minyak zaitun

Obati rambut rusak dengan menggunakan perawatan minyak panas. Minyak zaitun bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mengatasinya. Panaskan minyak lalu usapkan ke seluruh rambut. Lalu bungkus dengan anduk selama 45 menit dan bilas menggunakan sampo.

Baca juga: Sejumlah Kesalahan Umum saat Kamu Merawat Rambut, Simak Ya 

3. Teh

Selain membilas rambut menggunakan air biasa, cobalah menggunakan air seduhan teh yang sudah dingin. Sesuaikan juga warna rambut dengan jenis teh yang digunakan.

4. Cuka apel

Cuka apel dapat mengembalikan kilau rambut indah Anda. Tapi jangan sering-sering menggunakannya karena bersifat asam. Campurkan cuka dengan air ke dalam botol dan semprotkan pada rambut.

5. Minyak jojoba

Campurkan beberapa tetes minyak jojoba dan minyak cendana di telapak tangan untuk mendapatkan rambut yang lebih bisa diatuh. Gosok menggunakan dua telapak tangan lalu usapkan pada rambut yang kering untuk mendapatkan kilau instan.

6. Telur

Buatlah masker kuning telur yang dicampur tiga sendok madu dan oleskan dari ujung rambut hingga kulit kepala. Bungkus menggunakan shower cap selama 15 sampai 30 menit dan bilas menggunakan sampo. Ini akan membantu menguatkan rambut rapuh.

Baca juga: 10 Cara Efektif Atasi Rambut Rontok, Konsumsi Zat Besi hingga Kurangi Keramas 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini