Pentingnya Edukasi bagi Masyarakat yang Tak Mau Lapor Positif Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 481 2320740 pentingnya-edukasi-bagi-masyarakat-yang-tak-mau-lapor-positif-covid-19-o8gy8OeqrW.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Keenganan masyarakat untuk terbuka dan melaporkan diri apabila sudah terinfeksi Covid-19, masih menjadi permasalahan besar. Mereka khawatir mendapatkan stigma negatif apabila harus melaporkan kondisi kesehatannya.

Ya, stigma negatif masyarakat terhadap penyintas Covid-19 menjadi hal berat yang belum teratasi. Seseorang yang terinfeksi Covid-19 kerap dikaitkan sebagai orang yang tidak patuh dengan protokol kesehatan, sehingga bisa tertular.

Isolasi Mandiri

Tentunya stigma buruk ini harus segera diatasi. Psikolog Klinis sekaligus Founder Kesehatan Mental Sadar_diri, Hersa Aranti, mengatakan edukasi menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memecahkan masalah ini.

“Perlu edukasi dan diingatkan terus bahwa keterbukaan adalah salah satu faktor penting untuk mencegah tersebarnya virus lebih jauh,” terang Hersa, saat diwawancarai Okezone, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga : Alasan Orang Positif Covid-19 Tak Lapor Diri

Lebih lanjut stigma negatif yang menganggap infeksi Covid-19 sebagai aib harus dihilangkan. Sebab stigma seperti akan sangat berbahaya dan merugikan orang di sekitar. Alhasil untuk menghilangkannya, diperlukan peran dan perhatian dari masyarakat itu sendiri

“Jangan sampai orang yang terinfeksi berpikir ini adalah 'aib' yang perlu ditutupi. Jangan sampai masyarakat yang tidak terinfeksi malah memandang 'negatif' orang yang terinfeksi. Semuanya perlu ambil peran untuk sama-sama melawan Covid-19,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini