5 Cara Mengatasi Cemas Akibat Covid-19

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 481 2320815 5-cara-mengatasi-cemas-akibat-covid-19-i5EZLALbhs.jpg Merasa cemas (Foto: Mindful)

Pandemi Covid-19 melanda ke seluruh dunia. Aktivitas atau rutinitas terpaksa harus dibatasi demi mencegah menularnya virus corona.

Berita mengenai Covid-19 terus diperbarui setiap saat. Tentang penambahan orang yang terinfeksi, hingga korban meninggal.

Hal ini ternyata menimbulkan kecemasan bagi sebagian orang. Seperti yang dilansir dari lifehack, berikut tips untuk mengatasi rasa cemas akibat Covid-19.

 pakai masker

1. Ikuti protokol kesehatan

Ikuti protokol kesehatan dengan baik seperti pakai masker, cuci tangan dengan sabun. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Anda harus beradaptasi hidup dengan Covid-19 yang tidak tahu kapan berakhirnya. Coba pikirkan bagaimana agar tetap produktif di masa pandemi ini dan berpikirlah dengan tenang.

2. Pastikan keamanan

Pastikan Anda dan orang yang Anda cintai tinggal di tempat yang aman selama berbulan-bulan. Anda harus tetap berlindung di tempat aman dan mematuhi protokol kesehatan, sambil menunggu vaksin Covid-19 tersedia.

Pastikan Anda telah memiliki stok makanan pokok, perlengkapan kebersihan, juga obat-obatan yang diperlukan. Usahakan tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan mendesak.

3. Tetap terhubung dengan orang lain

Anda harus tetap terhubung dengan orang lain. Jaga koneksi, jaga komunikasi dengan orang-orang terdekat. Hal ini untuk tetap bisa mengetahui dan memberi kabar satu sama lain.

Bahkan, juga tentang urusan pekerjaan dan materi pembelajaran. Namun, tetap lakukan secara online, minimalkan berinteraksi secara langsung.

 

4. Tingkatkan produktivitas

Buatlah rencana bagaimana Anda ingin menjalani hidup selama dan setelah pandemi. Ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan kendali, sehingga dapat mengatasi stres dan kecemasan.

Anda bisa mempelajari atau meningkatkan keterampilan baru, seperti mencoba resep baru atau belajar memainkan alat musik. Lakukan dengan konsisten untuk mengurangi stres dan kecemasan selama pandemi ini.

Baca juga: 5 Potret Cantik Prilly Latuconsina Pakai Bra Lari-larian Manja di Pantai

5. Hubungi psikolog

Jika Anda tetap merasa cemas dan kesepian yang tak tertahankan, Anda sebaiknya meminta bantuan psikolog. Mereka akan membantu mengatasi rasa cemas berlebihan Anda. Jangan putus asa, selalu ada jalan keluar.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini