Jalan vs Lari, Mana Lebih Baik Turunkan Berat Badan?

Poppy Fadhilah, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 481 2320846 jalan-vs-lari-mana-lebih-baik-turunkan-berat-badan-g4rkNZHnZ3.jpg Ilustrasi olahraga lari. (Foto: Fotorech/Pixabay)

KAMU mau menurunkan berat badan tapi bingung memilih lebih baik olahraga jalan atau lari. Keduanya dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat otot, dan manfaat kesehatan lainnya.

Dengan banyak manfaat seperti itu, kamu mungkin sulit memilih salah satu di antara olahraga jalan atau lari untuk membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Setelah Olahraga, Ini Perawatan Kulit yang Harus Anda Lakukan 

Tapi tenang saja, untuk mempermudah kamu memilih, berikut Okezone paparkan perbedaan dari olahraga jalan dan lari, seperti dikutip dari Healthsite, Kamis (3/12/2020).

1. Berjalan berdampak lebih rendah dari lari

Jalan adalah bentuk latihan aerobik berdampak rendah. Selain membantu seseorang menjaga bentuk tubuh, jalan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, hipertensi, dan menjaga kesehatan mental kamu.

Olahraga lari. (Foto: Tikkho Maciel/Unsplash)

2. Jalan lebih rendah risiko cedera

Berjalan memiliki risiko cedera lebih rendah dibanding latihan aerobik lainnya. Bahkan penelitian telah menemukan cedera lari dapat menyebabkan masalah seperti osteoartritis, terutama pada lutut. Untuk itu, bagi kamu yang lebih rentan cedera sebaiknya memilih jalan kaki.

Baca juga: Penelitian Ungkap Masker Aman Digunakan saat Berolahraga 

3. Lari lebih banyak bakar kalori

Termasuk latihan intensitas tinggi, lari mampu membakar kalori dua kali lipat dibanding jalan kaki. Namun, tidak semua orang dapat mempertahankan kecepatan lari. Tapi kabar baiknya, kamu bisa meningkatkan detak jantung dan membakar lebih banyak kalori dengan melakukan jalan cepat.

4. Sama-sama tingkatkan kesehatan jantung

Lari menuntut kamu bekerja lebih keras, artinya akan membuat jantung lebih sehat. Namun, penelitian juga menunjukkan bahwa berjalan kaki secara teratur juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada manusia.

Jadi, Mana yang Lebih Baik untuk Turunkan Berat Badan?

Berlari jelas cara yang lebih baik untuk menurunkan berat badan. Tapi berlari memiliki beban dan potensi cedera lebih tinggi. Jika kamu baru berolahraga, jalan kaki adalah pilihan cerdas yang akan membantu kamu bugar.

Baca juga: Apakah Olahraga Bikin Orang Tak Mudah Sakit? 

Olahraga lari. (Foto: Fotorech/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini