Minyak Cengkeh Banyak Khasiatnya Lho, Salah Satunya Meredakan Mual

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 481 2321036 minyak-cengkeh-banyak-khasiatnya-lho-salah-satunya-meredakan-mual-lKP3cteF0y.jpg Minyak cengkeh. (Foto: Thehealthsite)

CENGKEH atau cengkih merupakan tanaman asli Indonesia. Biasanya digunakan sebagai bahan makanan atau bahan dasar rokok. Cengkeh mengandung sifat antimikroba, antijamur, antiseptik, antivirus, dan stimulasi yang dipercaya dapat membantu masalah kesehatan.

Terdapat juga minyak cengkeh. Ini adalah salah satu obat aromaterapi populer yang sering digunakan untuk mengobati beberapa masalah kesehatan.

Baca juga: Kebanyakan Masukkan Cengkeh, Masakan Jerry Disebut "Nasi Kretek" oleh Juri 

Masih banyak manfaat minyak cengkeh yang perlu kamu ketahui, karena sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Simak ulasannya, seperti dilansir dari Healthsite, Kamis (3/12/2020).

1. Mencegah gigi berlubang

Sifat pembasmi kuman dan eugenol dalam minyak cengkeh dapat berfungsi untuk mencegah gigi berlubang dan meredakan nyeri mulut. Minyak cengkeh juga dapat meredakan sakit gigi, sakit gusi, dan sariawan. Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam segelas air hangat dan minum dua kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

Cengkeh

2. Menambah kekebalan tubuh

Eugenol yang terdapat dalam minyak cengkeh dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Sifat anti-inflamasi dalam minyak cengkeh dapat meningkatkan hipersensitivitas tipe tertunda yang meningkatkan kekebalan. Sehingga, Anda dapat terhindar dari penyakit dan infeksi seperti pilek dan flu.

Baca juga: Mengenal Afo, Cengkeh Tertua di Dunia Berusia 416 Tahun 

3. Meredakan sakit kepala

Minyak cengkeh juga mengandung flavonoid dan memiliki sifat anti-inflamasi yang meredakan peradangan serta sakit kepala secara instan. Anda bisa mencampurkan 4 tetes minyak cengkeh dengan garam dan oleskan di dahi.

4. Meredakan masalah pencernaan

Minyak cengkeh telah banyak digunakan untuk meredakan masalah pencernaan, seperti sakit perut dan membantu mengatasi masalah pernapasan yakni batuk dan sesak dada. Anda bisa mencampurkan minyak cengkeh dengan air hangat, lalu oleskan.

5. Meredakan mual

Refluks asam dan makan berlebihan dapat memicu perasaan mual. Aroma minyak cengkeh yang kuat dapat mengurangi efek mual di pagi hari. Anda bisa mengoleskan minyak cengkeh di bantal lalu tidur di atasnya.

6. Mengatasi stres

Sifat perangsang pada minyak cengkeh dapat membantu memberikan kelegaan dari kelelahan mental, stres, dan kecemasan.

Baca juga: 4 Manfaat Alpukat untuk Rambutmu, Dicoba Yuk 

7. Menjaga kadar gula darah

Diabetes merupakan penyakit kesehatan paling umum terjadi di setiap orang. Akibatnya, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat insulin tidak berfungsi dengan baik. Anda bisa menggunakan minyak cengkeh yang dipercaya dapat membantu menjaga kadar insulin dan menjaga kadar gula darah Anda.

8. Membantu mengatasi penuaan kulit

Anda bisa mencampurkan minyak dengan krim perawatan kulit. Minyak cengkeh memiliki sifat yang dapat membantu mengatasi tanda-tanda penuaan, membunuh bakteri, dan meningkatkan aliran darah agar kulit tampak awet muda.

Baca juga: 7 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini