6 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Kulit yang Perlu Kamu Ketahui

Adella Christyanti, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 481 2321060 6-manfaat-alpukat-untuk-kesehatan-kulit-yang-perlu-kamu-ketahui-c08mY70Zy1.jpg Alpukat. (Foto: Stevepb/Pixabay)

MANFAAT alpukat sebagai salah satu buah paling bernutrisi memang sudah tidak diragukan lagi. Buah ini memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, antara lain vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), C, dan E.

Selain rasanya yang enak seperti guacamole atau dioleskan di atas roti panggang hangat, alpukat juga memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kulit. Ini karena lemak sehat, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalam buah super bergizi ini.

Baca juga: 4 Manfaat Alpukat untuk Rambutmu, Dicoba Yuk 

Namun, ternyata alpukat memiliki manfaat lainnya. Apa saja manfaat alpukat untuk kesehatan kulit yang perlu kita ketahui, seperti dilansir dari Healthline.

1. Menenangkan kondisi kulit

Menurut Maya Ivanjesku, kepala ilmuwan di LaFlore Probiotic Skincare, lemak, senyawa, dan vitamin yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu mempercepat perbaikan kulit dan memperbaiki kondisi kulit kronis seperti eksim dan jerawat. Selain itu, nutrisi yang sama ini dapat membantu memperbaiki kulit pecah-pecah dan meratakan warna kulit.

Alpukat. (Foto: Lifehack)

2. Mencegah kerusakan kulit

Penelitian menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan dan peradangan akibat sinar matahari. Kerusakan ultraviolet (UV) pada kulit Anda dapat menyebabkan keriput, juga tanda-tanda penuaan lainnya, dan kanker kulit. Selain itu, alpukat memainkan peran penting dalam membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan matahari dan faktor lingkungan lainnya.

Baca juga: Deretan Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Berolahraga 

3. Meningkatkan elastisitas kulit

Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan lemak yang tinggi, terutama lemak tak jenuh tunggal yang sehat, seperti lemak yang ditemukan dalam alpukat, bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan.

4. Mengurangi jerawat

Peneliti mengatakan, jika memiliki kulit yang rentan berjerawat, membersihkan wajah dengan minyak alpukat dapat membantu mengurangi munculnya jerawat. Ini karena sifat antimikroba dalam minyak alpukat. Selain itu, menunjukkan bahwa menggunakan minyak alpukat sebagai pembersih dapat membantu kulit Anda terasa lebih kenyal dan lembap.

5. Meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan, coba minyak alpukat pada kulit. Pada minyak alpukat yang diperas dingin memiliki banyak antioksidan, sterol nabati, omega-9, mineral, dan vitamin, termasuk vitamin C dan E. Bersama-sama nutrisi ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, meredakan peradangan, dan menghilangkan kulit tua.

6. Mencegah kulit kering

Alpukat adalah sumber biotin yang bagus, dan merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Biotin diketahui membantu mencegah kulit kering saat dioleskan. Ini juga dapat membantu mencegah rambut dan kuku rapuh.

Baca juga: Fakta Buah Alpukat, Salah Satunya Makanan Mewah para Bangsawan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini