Ingin Miliki Tubuh Berotot Sempurna? Perhatikan 6 Tips Ini

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 481 2321108 ingin-miliki-tubuh-berotot-sempurna-perhatikan-6-tips-ini-lAYYObplbm.jpg (Foto: Independent)

Pembentukkan tubuh sangat diminati agar seseorang bisa hidup lebih sehat. Berbagai macam latihan dilakukan untuk mendapatkan perubahan yang signifikan.

Namun, banyak orang pergi ke gym menginginkan otot yang lebih besar tetapi apa pun yang dilakukan, mereka gagal untuk melihat perkembangannya. Seperti dilansir dari Thehealthsite, berikut ini lima cara ampuh untuk memaksimalkan waktu latihan di gym.

Melatih seluruh anggota tubuh

Untuk menumbuhkan otot itu harus sering dilatih secara langsung atau tidak langsung. Latihan gabungan seperti barbell squat merangsang seluruh otot tubuh.

Dr Fred Hatfield (Dr Squat) dalam rutinitas jongkok 20 repetisi yang terkenal mengatakan bahwa jika Anda menginginkan tubuh bagian atas yang lebih besar maka Anda harus melakukan squat yang berat. Jika Anda melihat semua pelari teratas, mereka memiliki otot tubuh bagian atas yang sangat robek termasuk lengan meskipun mereka hampir tidak melatih lengan mereka.

Ini adalah fokus utama mereka pada kaki dan terutama gerakan gabungan seperti squat dan deadlift. Jika Anda ingin menumbuhkan bagian tubuh tertentu, maka Anda harus mengaktifkan otot-otot bagian tersebut dengan cara terbaik. Faktanya, salah satu latihan squat, deadlift, bench press, pull-up, dan press militer bisa menjadi latihan Anda setiap hari!

 Pembentukkan tubuh sangat diminati agar seseorang bisa hidup lebih sehat.

Pandai dalam menentukan hal

Bekerja keras dalam aktivitas apapun akan selalu mendahului bekerja dengan cerdas. Tetapi Anda harus dapat menguraikan di antara keduanya dalam hal kapan harus menerapkan apa.

Jika Anda telah mempelajari cara untuk memaksimalkan diri Anda maka pelajari seni ‘menyerah’ juga. Menurut Vince Gironda, Guru Besi, 'antusiasme berlebihan adalah kebajikan paling berbahaya dari seorang atlet'.

Anda harus mendengarkan tubuh Anda dan memberinya waktu yang sangat dibutuhkan untuk istirahat dan pemulihan yang optimal untuk menghindari latihan berlebihan dan untuk memaksimalkan pemulihan.

Konsisten

Tidak ada yang tidak bisa, pelatihan membutuhkan konsistensi. Anda tidak dapat berlatih saat istirahat sepanjang tahun dan melihat kemajuan.

Melakukannya dengan rutin, bukan berarti melakukannya tanpa henti. Hanya ada pasang surut dalam pelatihan, tidak ada jeda bahkan jika mereka ada, itu hanyalah istirahat, bukan hari libur.

Baca juga: Kesal dengan Komedo di Hidung? Ini 5 Cara Rumahan untuk Menghilangkannya

Bertujuan untuk hal-hal yang lebih besar

Jika Anda memulai perjalanan latihan kekuatan dan kebugaran, Anda harus meningkatkan secara konsisten baik dalam hal kekuatan otot dan daya tahan tergantung pada tujuan Anda untuk latihan. Anda tidak bisa menjadi lebih ramping atau berotot tanpa menjadi lebih kuat.

Kemajuan dalam latihan beban dapat berbagai bentuk baik dalam jumlah repetisi, jumlah angkat beban, pengurangan istirahat antar set, dll. Namun untuk pemula, fokus utamanya harus pada mengangkat beban berat.

Kekuatan membentuk fondasi untuk perbaikan di berbagai bidang seperti kekuatan dan daya tahan sesuai kekuatan pelatih 'Bret Contreras'. Menguasai lift dasar seperti squat, deadlift, bench press, pull up, dll, akan menandai kemajuan nyata Anda dalam kekuatan dan akan membantu Anda meningkatkan dalam bidang apa pun yang Anda tuju dalam olahraga, kesehatan, dan kebugaran.

Pembentukan lebih dulu

Mengangkat barang berat itu penting, tetapi mengangkat barang berat dengan bentuk yang buruk sama berbahayanya. Mengangkat barang berat adalah untuk meningkatkan kekuatan, bukan untuk membuat gadis terkesan di treadmill.

Di gym, Anda akan menemukan orang-orang di kedua ekstrem tersebut. Di sisi lain, gerakan isolasi ekstrem seperti barbell drag curl dilakukan dalam bentuk yang sangat ketat sehingga para cowok/cewek akan terjebak dengan beban yang sama selama berbulan-bulan bahkan tidak siap untuk berkompromi pada bentuknya sedikitpun.

Jangan bingung

Pasar saat ini dibanjiri dengan teknik dan produk baru yang diklaim dapat membuat Anda lebih ramping, berotot, dan meningkatkan performa atletik Anda. Sebagian besar dari klaim ini tidak hanya salah, tetapi bahkan dapat menurunkan kinerja Anda.

Sebagai contoh, mengumpulkan serangkaian latihan untuk otot tertentu seperti perut dan menyebutnya dengan nama keren seperti 'Pilates' tidak membuatnya efektif. Demikian pula mengumpulkan sekelompok latihan dari olahraga yang berbeda dan menggabungkannya dalam kelompok dan menyebutnya 'Crossfit' tidak melakukan apa pun untuk meningkatkan kinerja Anda, tetapi pasti membawa Anda selangkah lebih dekat ke cedera.

Berbagai ilmuwan olahraga dan pelatih kekuatan dan pengkondisian telah memusatkan perhatian pada pola motorik yang digunakan dalam kelompok latihan tertentu dan adaptasi neuromuskuler yang merupakan dasar untuk peningkatan kinerja. Olahraga apa pun dapat meningkatkan detak jantung Anda dan membakar kalori, tetapi latihan tersebut mungkin jauh dari meningkatkan kinerja Anda dan bahkan dapat menghambatnya.

Jadi fokuslah pada dasar-dasarnya. Jika Anda ingin mengembangkan kekuatan di kaki, pertama-tama belajar jongkok, kemudian yang lainnya mengikuti. Jika Anda ingin kekuatan di tubuh bagian atas, pelajari dulu cara melakukan bench press, parallel bar dips, pull-up, row, dan lain-lain dan kemudian lanjutkan ke hal-hal yang lebih berat atau sulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini