Manfaat Konsumsi Sayur dan Buah untuk Tubuh Manusia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 481 2321208 manfaat-konsumsi-sayur-dan-buah-untuk-tubuh-manusia-overuAUcqE.jpg Ilustrasi (Foto: Good House Keeping)

PENYAKIT tidak menular (PTM) seperti jantung dan pembuluh darah, hipertensi, diabetes melitus, ginjal, arthritis, kanker dan masih banyak lainnya, masih menjadi tantangan berat masyarakat Indonesia. Penyakit ini bersifat permanen dan terjadi akibat perubahan patologis yang terjadi serta meninggalkan kecacatan.

Nutrisionis sekaligus Ketua Indonesia Sport Nutritionist Assocation (ISNA), dr. Rita Ramayulis, mengatakan terdapat banyak sekali faktor yang menyebabkan PTM. Berdasarkan data yang dimilikinya, 93,6 persen PTM disebabkan oleh kurangnya konsumsi sayur dan buah. Posisi kedua dengan 53,1 persen disebabkan oleh konsumsi tinggi gula, dan posisi ketiga dengan 36,3 akibat prevalensi merokok sejak usia 15 tahun.

“Makanan dan minuman kekinian itu sangat tinggi gula, garam, lemak, dan kolesterol. Tapi justru makanan tersebut tidak memiliki cukup nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti serat, vitamin dan mineral,” tutur dr. Rita.

Alhasil mengonsumsi sayuran menjadi salah satu faktor penting yang memainkan peranan dalam mencegah PTM di masyarakat.

 Mengonsumsi sayuran menjadi salah satu faktor penting yang memainkan peranan dalam mencegah PTM di masyarakat.

Baca juga: Kesal dengan Komedo di Hidung? Ini 5 Cara Rumahan untuk Menghilangkannya

Dalam Webinar ‘Sustaining the Healthy Habits with Real Food’, Kamis (3/12/2020), dr. Rita pun menjelaskan tentang beberapa manfaat penting mengonsumsi buah dan sayur bagi tubuh manusia.

1. Untuk optimalisasi berbagai reaksi metabolisme tubuh.

2. Sebagai sumber air untuk melarutkan berbagai zat gizi dan zat toksis.

3. Sebagai sumber serat untuk keseimbangan kadar glukosa darah, tekanan darah, dan lapida darah.

4. Sebagai sumber vitamin dan mineral untuk keseimbangan tekanan darah, asam basa dan cairan tubuh.

5. Sebagai sumber zat fitokimia (segala jenis zat kimia atau nutrien yang diturunkan dari sumber tumbuhan) yang berperan sebagai antioksidan sehingga menurunkan risiko penyakit kanker dan penyakit tidak menular lainnya yang terikat karena penuaan dan kerusakan sel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini