5 Manfaat Timun untuk Kecantikan Kulit Wajah

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 611 2320805 5-manfaat-timun-untuk-kecantikan-kulit-wajah-wDArh91a2E.jpg Merawat wajah (Foto: Roma Designer)

Timun yang biasa dijadikan makanan atau minuman ini ternyata berguna juga untuk dijadikan produk skin care. Sensasinya yang menyegarkan, cocok sekali untuk mengembalikan kelembaban kulit.

Seperti yang dilansir dari Be Beautiful, 96% kandungan dari timun adalah air. Sifatnya yang menenangkan dan menyegarkan sering digunakan dalam produk skin care untuk kulit tipe sensitif dan kering. Lalu bagaimana cara mengaplikasikan timun pada wajah?

 timun

1. Toner

Timun dapat dijadikan toner sebagai penyegar setelah seharian beraktifitas di luar ruangan. Caranya, rebus beberapa irisan timun selama 5 sampai 7 menit, lalu haluskan. Peras air rebusan menggunakan kain ke dalam botol semprot. Toner ini bisa digunakan 3 sampai 4 hari dalam suhu lemari es.

 

2. Shooting face mask

Seperti yang dikatakan sebelumnya, timun bagus untuk kulit sensitif atau berjerawat dan kering. Buatlah maskernya dengan memarut timun dan menyaring airnya. Tambahkan tanah liat khusus masker untuk membuatnya kental dan beberapa tetes tea tree oil. Gunakan ke seluruh wajah dan diamkan selama 10 atau 15 menit. Bilas dengan air hangat.

3. Masker wajah

Masker ini ditujukan untuk memperbaiki kondisi kulit. Anti-inflamasinya berguna untuk menghilangkan noda dan flek hitam hingga ke lapisan kulit dalam. Potong dan haluskan timun dan tambahkan satu sendok teh oat dan diamkan selama sejam untuk dipakai setelahnya. Lalu diamkan masker yang telah digunakan selama 20 menit sebelum membilasnya menggunakan air dingin.

4. Pembilas wajah

Siapkan irisan timun yang direndam air putih dan disimpan pada lemari es. Saat sudah cukup dingin, bilaskan pada wajah untuk mengembalikan lagi kesegaran dan mengurangi minyak. Pakai di hari itu juga karena akan basi di keesokannya.

Baca juga: 5 Potret Cantik Prilly Latuconsina Pakai Bra Lari-larian Manja di Pantai

5. Infused water

Setelah merawat kulit dari luar, minum jugalah infused water timun yang efektif untuk menjaga tubuh dari dalam agar tetap terhidrasi, meningkatkan energi, dan menyegarkan. Tambahkan beberapa lembar daun mint dan irisan lemon untuk membuatnya lebih enak.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini