6 Cara Menghaluskan Tumit Pecah-Pecah

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 611 2320995 6-cara-menghaluskan-tumit-pecah-pecah-GLNpzJQIBs.jpg Mengatasi tumit pecah-pecah (Foto: Women's Health)

Tumit pecah-pecah merupakan kondisi kaki yang umum. Tidak saja mengganggu penampilan, tapi juga menimbulkan ketidaknyamanan bahkan rasa sakit.

Tumit yang pecah-pecah terkadang jadi terbelah hingga dalam dan mengakibatkan berdarah. Namun yang berbahaya jika terinfeksi.

Menurut Medical News Today, wanita akan memiliki kemungkinan 50% lebih banyak mengalaminya daripada pria.

Kondisi ini dikarenakan bertumpuknya kulit kering, kulit menebal, dan kapalan. Untuk sedikit mengurangi dan menghaluskan tumit yang pecah-pecah, lakukanlah beberapa cara berikut ini.

 mengatasi tumit pecah-pecah

1. Gunakan pelembab emolien atau humektan

Pelembab jenis ini dinilai ampuh mengatasi segala jenis kekeringan. Pelembab emolien dapat menembus kulit dan mengurangi kekurangan air. Dia akan mengisi celah-celah retakan dan membuat kulit terasa halus.

Sementara pelembab humektan membantu meningkatkan kapasitas air pada kulit dengan cara menarik air dari udara.

2. Gunakan pelembab oklusif

Untuk mengunci kelembaban yang diberikan emolien dan humektan, gunakan juga pelembab oklusif. Teksturnya berminyak dan lengket. Maka dari itu, oleskan semuanya saat sebelum tidur.

3. Gunakan kaus kaki bahan katun

Penggunaan kaus kaki bahan katun 100% ini ditujukan untuk menghindari kasur dari noda pelembab. Selain itu, kaus kaki ini tidak memengaruhi fungsi dari pelembab yang telah digunakan.

4. Gunakan keratolik pada kulit yang menebal

Keratolik adalah zat yang dapat melunakkan lapisan keratin pada kulit dan membantu pengangkatan sel kulit mati. Produk yang mengandung keratolik dan humektan akan lebih cepat berhasil menghaluskan dan melembabkan kulit.

5. Gunakan batu apung

Batu apung mampu mengurangi tumit pecah-pecah, menebal, dan kering dengan cara menggosokkannya dengan lembut.

Baca juga: 5 Potret Cantik Prilly Latuconsina Pakai Bra Lari-larian Manja di Pantai

6. Gunakan perban cair

Perban yang berbentuk cair, gel, atau semprotan berguna untuk menutupi kulit pecah-pecah dan melindunginya dari kotoran untuk masuk ke celah kulit. Selain itu dapat juga membantu penyembuhan lebih cepat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini