8 Cara Memperkuat Kuku yang Rapuh, Dicoba Yuk

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 611 2321119 8-cara-memperkuat-kuku-yang-rapuh-dicoba-yuk-TVkxCmYTZX.jpg Merawat kuku (Foto: Harper's Bazaar)

Apakah kamu mengalami kuku yang gampang pecah, tidak rata, retak dan rapuh? Berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah ini dan mendapatkan kuku yang sehat.

Tidak ada orang yang ingin memiliki kuku yang rapuh dan retak. Kuku yang rapuh bisa disebabkan oleh lingkungan dan bahan kimia. Bisa juga akibat dari beberapa masalah kesehatan seperti anemia, penyakit tiroid, dan aterosklerosis.

Merawat kuku tidak hanya melalui manikur, cara-cara sederhana juga dapat membantu kuku yang rapuh dan retak menjadi sehat. Simak ya.

 kuku

1. Jaga kebersihan dan kekeringan kuku

Bersihkan kuku secara teratur lalu keringkan untuk menghentikan perkembangbiakan kuman dan bakteri. Selain itu, dapat mencegah penumpukan kotoran di bawah kuku.

Hindari merendam tangan karena bisa membuat kukumu lemah dan rapuh. Jika perlu, gunakan sarung tangan untuk meminimalisir paparan.

2. Jaga Kelembaban

Minum air secara cukup, dianjurkan 8 gelas per hari untuk menjaga kesehatan. Dehidrasi dapat menyebabkan kuku rapuh dan patah. Biarkan tubuh tetap terhidrasi untuk mempertahankan kelembapan dan menjaganya tetap kuat.

3. Konsumsi makanan yang sehat

Pola makan memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan, termasuk kukumu. Pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat mengandung serat, vitamin, dan mineral. Tambahkan juga kalsium, vitamin E, protein, zat besi, seng, vitamin D dan magnesium untuk memperkuat kuku.

 Baca juga: 5 Potret Cantik Prilly Latuconsina Pakai Bra Lari-larian Manja di Pantai

4. Gunakan pelembab

Jaga kelembapan kuku kamu dengan baik agar tetap kuat, terutama pada kuku yang mudah kering dan mengelupas. Gunakan krim tangan, krim kutikula atau baby oil untuk menjaga kesehatan kuku.

5. Potong kuku secara teratur

Tidak hanya rambut yang perlu dipotong ketika sudah panjang, kuku juga perlu dipotong secara teratur agar tetap sehat. Perhatikan panjang dan pendek kuku, biasanya sisi kuku yang lebih panjang lebih mungkin terkelupas, atau retak.

6. Jangan hapus kutek dengan mengikis

Saat memutuskan menggunakan cat kuku sebaiknya kamu juga membeli pembersihnya. Karena menghapus cat kuku dengan mengikis akan membuat permukaan kuku menjadi kasar dan rentan terkelupas.

7. Hindari produk yang keras

Produk keras seperti aseton juga dapat merusak kuku dan kulitmu. Dapat membuat kulit menjadi kering sehingga rentan pecah. Gunakan pembersih cat kuku yang tidak mengandung aseton.

8. Konsumsi suplemen

Beberapa penelitian menunjukkan suplemen biotin dan asam amino dapat memperbaiki kuku yang rapuh. Kedua nutrisi tersebut dapat membantu memperkuat kuku. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui suplemen mana yang dapat kamu gunakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini