Lewat Edukasi, Gojek Ajak Mitra Driver Ciptakan Ruang Publik Aman

Agustina Wulandari , Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 12 2321434 lewat-edukasi-gojek-ajak-mitra-driver-ciptakan-ruang-publik-aman-CaHfHqCNWg.jpeg Foto : Dok.Gojek

Rasa takut akan pelecehan dan kekerasan seksual menjadi salah satu faktor penghambat, terlebih bagi perempuan, untuk beraktivitas di ruang publik. Ditambah lagi dengan keadaan masyarakat yang masih belum sadar dan mengerti betul akan urgensi isu ini, bahkan mereka ragu untuk menolong korban kekerasan seksual di ruang publik karena minimnya pengetahuan untuk membantu maupun melawan.

Untuk itu, Gojek sebagai super app terdepan di Asia Tenggara mengambil langkah proaktif untuk turut melawan kekerasan seksual terhadap perempuan di ruang publik. Terbaru, melanjutkan inisiatif #AmanBersamaGojek dan berpacu pada tiga pilar, yaitu Edukasi, Teknologi, dan Proteksi, Gojek mengambil langkah konkret untuk memastikan keamanan mitra maupun pengguna dengan meluncurkan fitur Tips Pintar yang bisa diakses oleh seluruh mitra driver di Indonesia. Di mana di dalamnya terdapat dua materi baru pada fitur Tips Pintar, yaitu modul “Kenali dan Hindari Kekerasan Seksual”, serta “Kenali Proses Rujukan Kasus Kekerasan Seksual”.

Dalam mengembangkan modul ini, Gojek bekerja sama dengan Hollaback! Jakarta, sebuah lembaga swadaya masyarakat di bidang kesetaraan gender. Modul dirancang sesederhana dan semenarik mungkin sehingga para mitra dapat dengan mudah memahami dan memperlajarinya kapanpun, karena fitur Tips Pintar ini bisa diakses secara online melalui aplikasi mitra driver.

Selain langkah edukasi ini, sebelumnya Gojek sudah memastikan keamanan mitra dan pelanggan dengan berbagai fitur, di antaranya tombol darurat, bagikan perjalanan, penyamaran nomor telepon, dan verifikasi muka driver yang merupakan bagian dari pilar teknologi #AmanBersamaGojek. Untuk melengkapinya, Gojek sudah menyediakan zona aman, jaminan asuransi perjalanan, unit darurat yang siap siaga 24 jam, dalam pilar proteksi.

Atas inisiatif yang komprehensif dalam menciptakan ruang publik yang aman, khususnya bagi kelompok perempuan, Gojek mendapatkan penghargaan sebagai pemenang nasional pertama di kategori Community and Industry Engagement di UN Women Asia-Pacific 2020 Women’s Empowerment Principles Awards. Dengan inisiatif ini pula, Gojek Mendapat apresiasi dari Bintang Puspayoga, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia karena Gojek telah memberikan edukasi dalam mencegah kekerasan seksual melalui mitra-mitranya.

“Menghadirkan akses pengetahuan anti-kekerasan seksual lewat fitur “Tips Pintar” kepada jutaan mitra, merupakan bagian dari inisiatif #AmanBersamaGojek untuk menciptakan budaya aman di ruang publik melalui mitra driver kami yang profesional dan dapat diandalkan. Di ruang publik, mitra driver Gojek dapat terlibat menjadi pihak yang secara aktif menghadirkan keamanan, tak hanya untuk dirinya dan pelanggan namun juga masyarakat secara umum. Hal ini turut berkontribusi pada rasa aman pengguna," ujar Chief Transport Officer Gojek Raditya Wibowo.

Lebih lanjut Raditya menjelaskan bahwa pelatihan sejenis, sebelumnya telah rutin dijalankan secara tatap muka kepada ratusan mitra di 8 kota besar melalui program Bengkel Belajar Mitra.

“Menjawab tantangan di saat pandemi ini yang mana pelatihan tatap muka tidak dimungkinkan, maka kami berinovasi melalui teknologi. Berbagai materi pelatihan untuk mitra driver, termasuk diantaranya materi anti-kekerasan seksual, kini dapat diakses langsung secara online oleh seluruh mitra driver Gojek melalui aplikasi, kapan pun dan di mana pun,” ujarnya.

Keamanan dan keselamatan adalah prioritas utama bagi Gojek, maka dari itu Gojek akan selalu memberikan perhatian ekstra untuk memberikan rasa aman dan nyaman, khususnya bagi perempuan. Kesetiaan pelanggan dan mitra menjadi motivasi Gojek untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik, memastikan semua #AmanBersamaGojek. (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini