Pisang Molen Gurih Renyah ala Rumahan, Mudah Buatnya Lho

Adella Christyanti, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 298 2321962 pisang-molen-gurih-renyah-ala-rumahan-mudah-buatnya-lho-JZHwWCOzQr.jpg Pisang molen ala rumahan. (Foto: Instagram @resepresepmemasak/@andinskitchen)

PISANG memang enak diolah jadi sajian apa pun. Misalnya bisa digoreng, dibakar, dibuat kue, dan masih banyak lagi. Tapi apakah kamu pernah membuat pisang molen di rumah? Jika belum pernah, sekarang saatnya mencoba. Kamu tidak perlu lagi membeli di luar.

Pisang molen dengan kulit tipis, garing, dan renyah memang nikmat. Apalagi jika disantap sambil ditemani segelas kopi atau teh hangat.

Penasaran bagaimana membuatnya sendiri di rumah? Berikut ini resep dan cara membuat pisang molen, seperti dilansir dari akun Instagram @resrespmemasak, Jumat (4/12/2020).

Bahan-Bahan:

- 14 pisang raja matang potong serong bagi 2, total 28 potong

- Tepung sagu/maizena untuk menggilas

Baca juga: Pulang Kerja Enaknya Santai Sembari Ngemil Pisang Molen Mini

Bahan Kulit Molen:

- 250 gram terigu serbaguna

- 2 sdm maizena

- 4 sdm gula halus

- 40 ml air es

- 1 butir telur dikocok rata

- 60 gram margarin

- 1/2 sdt garam

- 1/4 sdt vanila cair, bisa diganti 1/4 sdt vanila bubuk

Baca juga: 4 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja? 

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan kulit, kecuali air es, di baskom. Uleni sampai rata bergerinjil, lalu masukkan air es secara bertahap (boleh berhenti kalau sudah dirasa cukup kalis) sambil diuleni sampai kalis elastis, adonan tidak lengket di tepi baskom. Banting-banting adonan sampai benar-benar elastis.

2. Siapkan nampan/silpat yang sudah dilumuri sagu/maizena. Ratakan adonan lalu tindis dengan plastik bersih dan ratakan dengan rolling pin (bisa juga botol air). Ratakan adonan sampai benar-benar tipis dan pipih.

3. Potong-potong adonan menjadi panjang dengan lebar 1,5 cm gunakan penggaris dan pisau untuk hasil lebih rapi. Bisa pakai gilingan pasta/molen supaya lebih mudah dan cepat.

4. Gulung pisang dengan adonan sambil dieratkan tekan-tekan di setiap sambungannya, sehingga pisang terbalut sempurna dan rapat. Jangan lupa sambil ditarik menyamping supaya kulit tidak terlalu tebal. Lakukan sampai habis.

5. Panaskan minyak penuh dengan api kecil. Goreng hingga kuning keemasan, jangan terlalu coklat karena warna akan lebih gelap setelah molen turun suhu ruang. Sajikan.

Baca juga: Resep Pisang Rai Keju Cokelat Khas Bali, Lezat dan Bikin Ketagihan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini