Suka Makan Telur Rebus? Wajib Tahu 6 Khasiatnya yang Sangat Penting Ini

Diana Rafikasari, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 298 2321975 suka-makan-telur-rebus-wajib-tahu-6-khasiatnya-yang-sangat-penting-ini-fmGfrIuPxz.jpg Telur rebus. (Foto: Son Shine Kitchen)

TELUR rebus memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Sebab sejatinya di dalam telur sendiri sudah ada kandungan nutrisi yang jumlahnya melimpah. Jadi telur akan memberikan banyak kebaikan jika dikonsumsi, apa pun bentuk sajiannya.

Nutrisi yang ada dalam telur rebus sendiri tetap banyak meskipun lama dimasak di dalam air panas. Telur rebus bisa membuat terhindar dari bakteri berbahaya seperti salmonella.

Baca juga: Makan Telur Rebus Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Benarkah? 

Selain rasanya enak, telur rebus baik untuk kesehatan di segala usia. Berikut beberapa contoh manfaat telur rebus bagi kesehatan, seperti dikutip dari laman WebMD, Jumat (4/12/2020).

1. Bantu turunkan berat badan

Telur rebus adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik. Makanan ini dapat membuat kenyang tanpa terlalu banyak kalori yang berguna jika ingin menurunkan berat badan.

Telur rebus. (Foto: Oneuponchef)

2. Kekuatan tulang prenatal

Protein dalam telur rebus juga bekerja bersama vitamin D untuk mendorong perkembangan prenatal. Kandungan ini mendukung gigi, tulang, serta pertumbuhan bayi secara umum selama kehamilan.

Baca juga: Keseringan Makan Telur Rebus Bisa Bikin Kolesterol Naik? 

3. Mengurangi kolesterol

Putih telur rebus lebih sehat daripada beberapa bentuk lainnya. Setelah mendidih, keluarkan kuning telurnya untuk dinikmati sebagai camilan rendah kolesterol.

4. Sumber kolin

Kolin penting untuk pemeliharaan dan pertumbuhan sel, dan telur rebus adalah sumber utama makanan AS.

Baca juga: Resep Roti Lapis Telur Rebus Praktis untuk Sarapan 

5. Peningkatan energi mental

Kombinasi unsur-unsur sehat seperti protein dan kolin dalam telur rebus membantu otak bekerja, terutama setelah sarapan.

6. Mencegah degenerasi makula

Lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam telur rebus memiliki sifat antioksidan serta anti-inflamasi yang membantu menjaga kesehatan mata.

Baca juga: Suka Sarapan Telur Rebus Sebelum WFH, Apa Sih Manfaatnya? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini