Berbagai Faktor Risiko Penyebab Penyakit Mematikan, Simak Ya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 481 2321696 berbagai-faktor-risiko-penyebab-penyakit-mematikan-simak-ya-SNByx12ZY9.jpg Merokok berisiko menimbulkan penyakit (Foto: Pixabay)

Saat ini masyarakat digemparkan dengan Covid-19 yang menewaskan banyak orang dari seluruh dunia. Meski demikian, ada penyakit yang tak kalah mematikan yang justru merenggut lebih banyak korban jiwa. Ya, penyakit tidak menular (PTM) justru menyumbang lebih banyak korban jiwa ketimbang Covid-19.

World Health Organization (WHO) menyebut bahwa penyakit mematikan ini memiliki berbagai macam faktor risiko.

Merangkum dari Health Line, Jumat (4/12/2020), Okezone akan mengulas mengenai sejumlah faktor risiko penyebab penyakit mematikan yang ada di dunia.

 sakit jantung

1. Penyakit jantung iskemik atau penyakit arteri koroner

Faktor risiko yang menyebabkan penyakit jantung meliputi, tekanan darah tinggi, kolesterol Tinggi, merokok, riwayat keluarga, diabetes, kelebihan berat badan. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika memiliki satu atau lebih faktor risiko ini.

2. Stroke

Faktor risiko stroke meliputi tekanan darah tinggi, riwayat keluarga stroke, merokok, terutama bila dikombinasikan dengan kontrasepsi oral, pengaruh ras (orang Afrika-Amerika lebih berpotensi mengalami stroke).

3.Infeksi saluran pernapasan bawah

Faktor risiko infeksi saluran pernapasan bagian bawah meliputi flu, kualitas udara yang buruk atau sering terpapar iritan paru-paru, merokok, sistem kekebalan yang lemah, tempat penitipan anak yang padat, yang terutama mempengaruhi bayi, asma, HIV.

4. Penyakit paru obstruktif kronis

 Faktor risiko penyakit paru obstruktif kronis meliputi merokok atau perokok pasif, iritasi paru-paru seperti asap kimia, riwayat keluarga, dengan gen AATD yang dikaitkan dengan PPOK, dan riwayat infeksi saluran pernafasan saat kecil.

Baca juga: 4 Tips Berteman dengan Mantan Tanpa Baper

5. Kanker pernapasan

Trakea, bronkus, dan kanker paru-paru dapat menyerang siapa saja, tetapi kemungkinan besar memengaruhi mereka yang memiliki riwayat merokok atau penggunaan tembakau. Faktor risiko lain untuk kanker ini termasuk riwayat keluarga dan paparan faktor lingkungan, seperti asap solar.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini