Madu Bisa Bikin Kulit Wajah Makin Cerah, Ikuti 3 Cara Ini

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 481 2321820 madu-bisa-bikin-kulit-wajah-makin-cerah-ikuti-3-cara-ini-6bQW7OgOE9.jpg Ilustrasi madu. (Foto: Racool Studio/Freepik)

MADU adalah cairan alami yang berasal dari lebah atau tawon. Madu banyak mengandung zat gula yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Madu sendiri memiliki rasa sangat manis.

Madu terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Pasalnya, madu mengandung banyak mineral dan bermanfaat pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk kulit.

Baca juga: Madu dan Cuka Sari Apel Bantu Atasi Sakit Vertigo 

Tidak hanya baik untuk dikonsumsi, madu juga bisa digunakan untuk pemakaian luar. Sebab, madu merupakan pelembap yang bagus untuk kulit.

Anda juga bisa menjadikan madu sebagai masker wajah dengan mengoleskannya ke kulit. Tunggu 30 menit dan bersihkan dengan air.

Lalu sebenarnya apa saja sih manfaat madu untuk kesehatan kulit, terutama wajah? Simak daftarnya, seperti dirangkum dari Healthline, Jumat (4/12/2020).

1. Atasi jerawat hingga eksim

Madu dapat digunakan untuk kondisi kulit yang kronis seperti jerawat, psoriasis, hingga eksim. Namun ingat, hal penting adalah menggunakan madu yang tidak dipasteurisasi, seperti madu manuka.

Cara menggunakan madu untuk wajah dengan mencampurnya bersama bahan lain untuk membuat perawatan masker wajah yang menenangkan. Misalnya, madu mentah dan bubuk kayu manis sebagai kombinasi antioksidan dan antimikroba.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Propolis Lebah untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui 

2. Mencerahkan kulit

Manfaat berikutnya adalah masker madu bisa mencerahkan kulit. Sebab, madu rupanya memiliki khasiat pengelupasan, sehingga menggunakannya di wajah bisa menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam.

Cara menggunakannya, setelah mencuci muka dengan sabun dan air, oleskan madu manuka atau jenis madu mentah yang tidak dipasteurisasi ke wajah Anda. Biarkan madu di kulit Anda selama beberapa menit sebelum dibilas.

3. Menghilangkan bekas luka

Jika Anda mempunyai bekas luka di wajah, madu alami bisa membantu menghilangkannya. Anda dapat menggunakan madu sebagai perawatan noda pada bekas luka dengan mengoleskannya setiap hari atau menjadikannya masker.

Tetapi perlu diingat bahwa apa penyembuhan madu untuk bekas luka itu terbatas, dan masih terus membutuhkan penelitian. Bahkan ada pula penelitian yang menemukan bahwa madu kemungkinan tidak baik untuk jaringan parut yang disebabkan oleh luka bakar dan luka dalam.

Baca juga: Daftar Bahan Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan, Apa Saja? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini