Khasiat Susu Kambing yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Obati Anemia

Iman Firmansyah, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 21:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 481 2321877 khasiat-susu-kambing-yang-perlu-kamu-ketahui-salah-satunya-obati-anemia-jjjOBgnMXF.jpg Susu kambing. (Foto: Freepik)

SUSU kambing adalah susu yang dihasilkan oleh kambing betina setelah melahirkan. Susu kambing biasanya dikonsumsi sekadarnya atau murni. Susu kambing terbaik yakni yang masih segar. Susu kambing memiliki aroma khas yang disebabkan adanya asam kaproat.

Susu kambing dilaporkan menjadi jenis produk susu yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Diperkirakan lebih dari 65 persen populasi dunia meminum susu kambing.

Baca juga: 6 Manfaat Susu Kedelai yang Perlu Kamu Ketahui 

Susu kambing juga diyakini sebagai alternatif yang sangat baik sebagai pengganti susu sapi karena kaya nutrisi penting, lebih mudah dicerna, dan sedikit lebih rendah laktosa. Susu kambing pun sangat serbaguna karena bisa dimanfaatkan untuk membuat keju, smoothies, sabun, dan produk perawatan kulit.

Selain itu, susu kambing padat nutrisi dan sumber nutrisi penting seperti lemak, protein, vitamin, dan mineral seperti vitamin B6, vitamin A, kalsium, serta fosfor.

Ilustrasi kambing. (Foto: Unsplash)

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa susu kambing mengandung 25 persen lebih banyak vitamin B6, 47 persen lebih banyak vitamin A, dan 13 persen lebih banyak kalsium daripada susu sapi. Susu kambing juga kaya akan asam lemak rantai menengah yang memiliki manfaat kesehatan yang unik.

Susu kambing juga lebih kental dan lembut dari susu sapi atau susu nabati lainnya. Berikut manfaat susu kambing untuk kesehatan tubu manusia.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi susu kambing akan menjaga kesehatan jantung Anda karena kandungan magnesiumnya yang tinggi. Magnesium adalah mineral penting yang bermanfaat bagi jantung Anda dan membantu untuk menjaga detak jantung teratur, mencegah pembentukan gumpalan darah, dan meningkatkan kolesterol baik.

Baca juga: 5 Manfaat Susu, Kaya Nutrisi hingga Cegah Kenaikan Berat Badan 

2. Mendukung kesehatan tulang

Susu kambing kaya akan kalsium, mineral penting yang membantu memperkuat tulang dan gigi Anda. Mengonsumsi susu kambing akan memberi tubuh Anda jumlah kalsium yang cukup dan menurunkan risiko osteoporosis.

3. Menurunkan peradangan

Penelitian telah menunjukkan bahwa susu kambing memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu melawan peradangan. Penelitian pada hewan menemukan bahwa susu kambing mengandung oligosakarida yang menunjukkan efek antiinflamasi pada kolitis dan karenanya, mungkin berguna dalam menangani penyakit radang usus.

4. Lebih mudah dicerna

Gumpalan lemak dalam susu kambing lebih kecil dan ini mungkin salah satu alasan mengapa susu lebih mudah dicerna. Orang dengan masalah pencernaan atau intoleran laktosa dapat dengan mudah mentolerir susu kambing.

5. Mengobati anemia

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bioavailabilitas zat besi dalam susu kambing lebih tinggi daripada susu sapi. Artinya, konsumsi susu kambing akan membantu meningkatkan kadar zat besi Anda dan dapat mengurangi risiko anemia defisiensi besi.

Baca juga: Khasiat Susu Kurma Bantu Mencegah Penyakit Jantung

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini