4 Manfaat Temulawak untuk Tubuh, Salah Satunya Cegah Kanker

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 19:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 481 2321890 4-manfaat-temulawak-untuk-tubuh-salah-satunya-cegah-kanker-OsNNwnhuH8.jpg Temulawak. (Foto: Jigsawstocker/Freepik)

MASYARAKAT Indonesia gemar mengonsumsi temulawak (curcuma). Di Tanah Air sendiri temulawak banyak ditanam di Pulau Jawa, Sumatera, dan daerah lainnya. Sementara di luar negeri, temulawak juga dibudidayakan, seperti di Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, India, China, hingga Suriname.

Temulawak banyak dikonsumsi karena bisa berfungsi sebagai obat tradisional. Di antaranya mengobati sakit perut, sembelit, disentri, diare berdarah, gangguan hati, hingga demam pada anak-anak.

Baca juga: Konsumsi Curcuma Bisa Cegah Penularan Covid-19? Ini Kata Dokter 

Kandungan utama temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri dari kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Nah, kurkumin inilah yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan anti-hepototoksik.

Lalu apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh manusia dengan adanya kandungan tersebut? Berikut beberapa di antaranya, seperti dirangkum dari Healthbenefitstimes, Jumat (4/12/2020).

Temulawak

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Temulawak bisa mengatasi gangguan kesehatan pada saluran pencernaan seperti perut kembung dan dispepsia. Ini berdasarkan penelitian di mana ditemukan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan pada saluran cerna terasa semakin membaik setelah mengonsumsi suplemen temulawak.

Baca juga: Ini Trik Jaga Imunitas saat Puasa, Lindungi Diri dari Covid-19 

2. Menambah nafsu makan

Manfaat berikutnya ini cocok bagi orangtua yang anak-anaknya mempunyai kecenderungan sulit makan atau suka memilih-milih makanan. Temulawak bisa meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena temulawak dapat mempercepat proses pengosongan perut sehingga nafsu makan segera bertambah.

3. Tingkatkan daya tahan tubuh

Rimpang temulawak terdiri lebih dari seratus macam senyawa seperti amilase, fenolase, lemak, pati, mineral, turunan fenol (kurkuminoid), dan minyak atsiri. Senyawa inilah yang terbukti efektif meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal. Cocok untuk menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi seperti sekarang.

Baca juga: Lupakan Es Kopi Susu Kekinian, Menkes Terawan Ajak Milenial Minum Kopi Jamu Temulawak 

4. Mencegah kanker

Temulawak mempunyai sifat anti-inflamasi dari kandungan kurkumin. Maka itu, temulawak dapat mengontrol, mencegah, atau bahkan membunuh berbagai jenis penyakit kanker termasuk kanker usus besar, payudara, dan prostat.

Penelitian menunjukkan bahwa temulawak bisa mencegah pertumbuhan dan persebaran kanker prostat. Selain karena sifat anti-inflamasi, diketahui juga bahwa manfaat ini didapat dari aktivitas antioksidan temulawak yang melindungi sel dari kerusakan.

Baca juga: 9 Tips Diet untuk Penderita Hipertensi 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini