Wow, Ternyata Kafein Bisa Dongkrak Kinerja Tubuh saat Olahraga

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 20:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 481 2321939 wow-ternyata-kafein-bisa-dongkrak-kinerja-tubuh-saat-olahraga-eMhMIxAk03.jpg Ilustrasi olahraga lari. (Foto: Jcomp/Freepik)

BANYAK orang minum kopi dengan alasan untuk menghilangkan rasa kantuk dan kelelahan pada tubuh. Selain itu, kandungan kafein pada kopi juga terkenal memiliki segudang manfaat kesehatan apabila dikonsumsi secara wajar. Lalu apakah ada manfaat lain di balik kafein kopi?

Dikutip dari Mental Floss, Jumat (4/12/2020), kafein kopi ternyata dapat membantu aktivitas fisik seperti olahraga menjadi lebih baik, tapi tergantung pada siapa dan jenis olahraga yang dilakukan.

Baca juga: Ibu Hamil Masih Boleh Konsumsi Kafein, Asal.... 

Peneliti Jack Hartley dari Vanderbilt Psychology Department pun mengungkapkan tiga manfaat kafein pada atlet.

Kopi kafein. (Foto: Rawpixel/Freepik)

1. Kafein meningkatkan daya tahan tubuh atlet

Hartley mengutip sebuah studi tahun 1998 yang diteliti oleh TE Graham. Studi tersebut menemukan fakta bahwa pelari jarak jauh yang meminum pil kafein satu jam sebelum berolahraga mampu berlari lebih dari 7,5 hingga 10 menit pada 85 persen konsumsi O2 maksimum.

Menurut Hartley, kopi dapat membantu meningkatkan stamina karena kafein memaksa tubuh membakar lebih banyak lemak dan sedikit karbohidrat.

Penelitian lain menemukan hal serupa ketika pengendara sepeda dapat menghasilkan tenaga 3,5 persen lebih banyak sejauh 24 mil perjalanan.

Baca juga: Deretan Minuman yang Mengandung Kafein Bisa Bangkitkan Semangat Pagi 

2. Kafein meningkatkan fokus dan reaksi atlet

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan fokus pikiran. Penelitian telah menemukan asupan kafein dapat memberikan kemampuan konsentrasi selama 1 hingga 3 jam. Ini juga termasuk berpikir dan reaksi cepat yang berguna pada olahraga baseball atau tenis.

3. Kafein berguna bagi kontraksi otot atlet

Beberapa tes menunjukkan kafein dapat memperkuat kontraksi otot. Jadi bagi atlet angkat berat, kafein mungkin dapat memberikan sedikit dorongan. Banyak dokter yang menyarankan untuk tidak mengonsumsi kafein untuk olahraga atletik karena memiliki dampak kesehatan seperti kurang tidur, mual, gelisah, hingga sakit kepala.

Namun, menurut Hartley, risiko itu bisa diminimalisasi dengan memerhatikan batasan konsumsi. Dia mengatakan waktu ideal untuk mengonsumsi kafein adalah 2 sampai 3 jam sebelum olahraga. Kafein butuh waktu beberapa jam untuk masuk ke dalam tubuh dan memanfaatkan penggunaan lemak.

Baca juga: Mengandung Kafein, Baiknya Minum Kopi Berapa Cangkir Sehari? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini