Konsumsi Makanan Ini Biar Kulit Tetap Sehat saat Musim Hujan

Iman Firmansyah, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 22:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 481 2321979 konsumsi-makanan-ini-biar-kulit-tetap-sehat-saat-musim-hujan-LuOFRWWR0h.jpg Ilustrasi musim hujan. (Foto: Torwaiphoto/Freepik)

MUSIM hujan mulai hadir di sebagian wilayah Indonesia. Kondisi tubuh pun mesti lebih dijaga agar tidak tumbang ketika diguyur air hujan.

Cuaca yang keras selama musim hujan juga bisa berdampak buruk pada kulit. Jika ingin kulit bebas dari masalah secara menyeluruh, perlu melakukan upaya ekstra selama musim hujan.

Baca juga: Deretan Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit, Nomor 2 Paling Penting 

Antisipasi terhadap kesehatan kulit saat musim hujan itu bisa dengan menambahkan makanan sehat ke menu harian Anda. Berikut lima makanan yang perlu ditambahkan untuk menjaga kesehatan kulit di kala musim hujan, seperti dinukil dari laman Times of India, Jumat (4/12/2020).

1. Alpukat

Alpukat tidak hanya baik bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga sangat baik untuk kulit. Dikemas dengan kaya vitamin E dan minyak yang sehat, alpukat menutrisi kulit dari tingkat sel. Sarat dengan antioksidan, buah ini dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif.

Alpukat. (Foto: Lifehack)

2. Almond

Kacang almond dikenal sebagai makanan super sejak dulu. Kacang ini bisa dengan mudah ditambahkan ke makanan sehari-hari. Almond mampu menjaga kuku, kulit, dan bahkan rambut tetap sehat. Kaya vitamin dan dapat membantu melawan tanda-tanda awal penuaan dan melembapkan kulit.

Baca juga: 7 Tips Merawat Kulit, Hindari Air Panas hingga Program Diet 

3. Wortel

Wortel dikemas dengan vitamin C yang merupakan salah satu vitamin paling penting untuk kesehatan kulit. Buah ini membantu dalam produksi kolagen untuk mempertahankan elastisitas kulit. Makan wortel secara rutin juga dapat membantu memperbaiki warna kulit yang tidak merata, garis-garis halus dan menjaga pigmentasi kulit.

4. Teh hijau

Teh hijau penuh dengan antioksidan yang menutrisi kulit dan membuatnya kenyal. Minum teh hijau secara rutin dapat mencegah kulit terkelupas, garis halus, dan kerutan.

5. Tomat

Tomat kaya akan pigmen yang disebut likopen yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Ia memiliki beberapa sifat anti-penuaan dan juga meningkatkan produksi kolagen yang membantu menjaga elastisitas kulit. Cobalah mengonsumsi tomat yang telah dimasak karena penyerapan likopennya lebih cepat.

Baca juga: Setelah Olahraga, Ini Perawatan Kulit yang Harus Anda Lakukan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini