5 Manfaat Lidah Buaya, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 611 2321576 5-manfaat-lidah-buaya-apa-saja-Dl4l4dK3lx.jpg Lidah buaya (Foto: Good House Keeping)

Lidah buaya sejak dulu telah dikenal karena khasiat penyembuhannya setidaknya selama 6.000 tahun. Pada masa-masa awal, tanaman itu dikenal sebagai tanaman keabadian yang dipersembahkan kepada firaun Mesir sebagai hadiah pemakaman.

Seiring waktu, kelompok dari banyak orang menggunakan lidah buaya, termasuk India, Cina, Meksiko, dan Amerika Utara. Manusia telah lama mengetahui tentang manfaat lidah buaya, diantaranya untuk mengobati luka, rambut rontok, wasir, dan masalah pencernaan.

Selain itu, masih ada lagi manfaat lidah buaya lainnya yang bisa Anda ikuti berikut ini sebagaimana dilansir Everyday Health.

 lidah buaya

1. Mengatasi masalah pencernaan

Lidah buaya mengandung aloe lateks yang didalamnya mengandung lagi aloin antrakuinon yang dapat meredakan sembelit. Sembelit adalah gejala yang biasa terlihat pada pasien perawatan primer dan juga terjadi dengan kondisi pencernaan kronis seperti sindrom iritasi usus besar.

 

2. Mengobati sakit kulit

Krim lidah buaya memiliki efek menenangkan pada kulit dan terbukti membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan. Dalam tinjauan sebelumnya tentang lidah buaya, para peneliti mencatat tanaman tersebut memiliki kemampuan untuk menghambat produksi prostaglandin E2.

3. Penyembuhan luka

Meskipun lidah buaya mungkin tidak efektif untuk mengobati luka bakar akibat sinar matahari, lidah buaya dapat meredakan luka bakar tingkat pertama atau kedua.

Dalam tinjauan empat uji klinis terkontrol yang terdiri dari 371 pasien yang terbakar sinar matahari, para peneliti menemukan bahwa waktu penyembuhan untuk pasien yang mengoleskan lidah buaya pada luka bakar mereka sekitar sembilan hari lebih pendek daripada yang tidak.

4. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah uji klinis sebelumnya menemukan minum dua sendok makan jus lidah buaya setiap hari selama dua minggu membantu menurunkan kadar gula darah di antara penderita diabetes tipe 2.

Kadar trigliserida dari peserta penelitian juga meningkat yang dapat memberikan manfaat tambahan bagi mereka yang menderita diabetes. Mereka berisiko tinggi terkena penyakit jantung, yang terkait dengan kelainan trigliserida dan kolesterol.

Baca juga: 4 Tips Berteman dengan Mantan Tanpa Baper

5. Meredakan sengatan matahari

Beberapa orang meyakini lidah buaya dapat meredakan sengatan matahari yang dapat membuat kulit terbakar. Ini karena lidah buaya memiliki efek gel dingin.

Menurut Skin Cancer Foundation, lidah buaya umumnya aman digunakan untuk meredakan sengatan matahari ringan. Tetapi penelitian yang mendukung klaim bahwa itu dapat mempercepat pemulihan kulit masih kurang.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini