Malu Ketiak Hitam, Coba Atasi dengan 6 Bahan Alami Ini

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 611 2321608 malu-ketiak-hitam-coba-atasi-dengan-6-bahan-alami-ini-gX8KFPwRx8.jpg Mengatasi ketiak agar tak hitam (Foto: Marmeladies)

Ketiak hitam kerap kali membuat orang-orang enggan menggunakan baju tanpa lengan. Selain itu ketiak hitam juga bisa menurunkan kepercayaan diri.

Melansir dari Healthline, penyebab ketiak hitam adalah iritasi bahan kimia seperti deodoran dan antiperspiran, iritasi akibat mencukur, menumpuknya sel kulit mati, pakaian ketat, dan hiperpigmentasi akibat merokok.

Banyak cara untuk mengatasinya yaitu berhenti mencukur, mengeksfoliasi ketiak, menggunakan pakaian yang longgar, dan berhenti merokok. Kemudian berikut ini ada 6 bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan ketiak gelap.

 kentang

1. Kentang

Peras air dari parutan kentang lalu oleskan pada ketiak dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

2. Timun

Potong timun agak tebal untuk digosokkan ke ketiak selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

3. Lemon

Sama halnya seperti timun, tapi jangan lupa untuk segera mengoleskan ketiak dengan pelembab karena lemon bersifat asam.

4. Kulit jeruk

Buatlah pasta dari bubuk kulit jeruk yang dicampur satu sendok air mawar dan satu sendok susu. Lalu gosokkan dengan lembut pada ketiak dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Lakukan dua sampai tiga kali seminggu.

5. Kunyit

Campurkan dua sendok makan perasan lemon dengan bubuk kunyit agar membuat pasta. Lalu aplikasikan ke ketiak dan tunggu 30 menit sebelum dibilas.

Baca juga: 4 Tips Berteman dengan Mantan Tanpa Baper

6. Minyak kelapa

Pijat ketiak dengan menggunakan beberapa tetes minyak kelapa. Setelah 15 menit bilas dengan air hangat dan sabun. Lakukan dua sampai tiga kali seminggu.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini