7 Tanda Harus Menjauh dari Seseorang, Lindungi Kesehatan Mental Anda

Adella Christyanti, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 612 2321646 7-tanda-harus-menjauh-dari-seseorang-lindungi-kesehatan-mental-anda-PVkXdiDneo.jpg Mengakhiri hubungan dengan teman toxic (Foto: 29 secrets)

3Apakah Anda terus-menerus merasa tenaga dan pikiran terkuras tanpa alasan yang jelas? Nah, mungkin itu salah satu tanda peringatan Anda harus menjauh dari seseorang.

Sebagai makhluk social, kita dituntut untuk bersosialisasi. Banyak orang-orang yang berpesan kalau kita harus mencari teman sebanyak-banyaknya.

Namun bagaimana jika sebagian besar mereka tidak baik? Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, berikut adalah 8 tanda Anda harus menjauh dari seseorang, seperti dilansir dari Herway.

 lelah emosional

1. Anda banyak mengeluh tentang sikapnya

Apakah Anda mendapati diri Anda terus-menerus mengeluhkan sikap seseorang dengan teman atau anggota keluarga Anda? Jika ya, Anda tahu ada sesuatu yang mencurigakan pada orang itu.

Seringkali, kita bahkan tidak sadar bahwa kita dikelilingi oleh orang-orang negatif sampai kita terus-menerus membicarakan mereka.

2. Harga diri turun signifikan

Setiap korban dari hubungan yang toxic dan kasar meengalami satu kesamaan, harga diri rendah (HDR). Sebab orang toxic melakukan banyak hal untuk membuat Andamerasa buruk tentang diri sendiri.

Jika ada yang memperlakukan Anda seperti ini, ketahuilah bahwa inilah saatnya Anda menunjukkan kekuatan dengan segera meninggalkannya.

3. Hubungan penuh penderitaan

Bayangkan Anda bertengkar dengan teman toxic, dan sekarang Anda kembali ke rumah dengan perasaan frustrasi dan menderita. Ini terjadi karena teman toxic Anda mengisi Anda dengan energi negatif.

Anda menyerap kenegatifan mereka, Anda harus melepaskannya entah bagaimana di masa mendatang.

 4. Anda tidak memiliki batasan

Setiap hubungan yang sehat, baik romantis maupun pertemanan seharusnya memiliki batasan yang sehat. Tetapi, orang-orang negatif sering kali mempersulit kita untuk menetapkan batasan yang sehat.

Mereka akan memanipulasi Anda, membuat Anda tidak bisa berkata-kata, dan menganggap remeh segala batasan Anda.

5. Dia menyalahkan Anda atas masalah mereka

Apakah Anda selalu disalahkan? Anda menjadi kambing hitam untuk semua masalah mereka, Jika iya, mereka meyakinkan Anda bahwa Anda bertanggung jawab atas semua hal negatif yang terjadi dalam hidup mereka.

Mereka melakukan ini karena mereka sangat membutuhkan seseorang untuk disalahkan atas masalah mereka. Orang-orang seperti itu sering berpura-pura sebagai teman baik, namun Anda membuktikan sebaliknya.

6. Dia menyesatkan Anda

Dia selalu menyesatkan Anda untuk mempercayai hal-hal tertentu tentang mereka. Dia menyesatkan Anda agar Anda berpikir tentang apa yang mereka ingin Anda pikirkan tentang diri Anda. Mereka suka berbohong, bergosip, dan memutarbalikkan fakta untuk jadi teknik manipulasi utama.

Baca juga: 4 Tips Berteman dengan Mantan Tanpa Baper

7. Dia meremehkan Anda

Orang jahat akan melakukan segala daya mereka untuk meremehkan opini dan keputusan Anda. Dia akan mengolok-olok penampilan dan tubuh Anda.

Dia juga mengolok-olok tipe pacar Anda. Bahkan dia sangat kejam, dia bisa berkata, "Cowok sampah kok disukai," saat menyebut pacar Anda. Benar-benar toxic ya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini