Jangan Biarkan Cemburu Berat Menguasaimu, Atasi dengan 6 Cara Ini

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 612 2321684 jangan-biarkan-cemburu-berat-menguasaimu-atasi-dengan-6-cara-ini-4qi52wZiM4.jpg Merasa cemburu (Foto: Lies Young Woman Believes)

Adanya perasaan cemburu dalam sebuah hubungan percintaan merupakan hal yang wajar. Lagi pula, siapa sih yang nggak cemburu ketika melihat pacar berinteraksi amat dekat dengan lawan jenis?

Namun sayangnya rasa cemburu pasti berujung amarah dan rasa sedih. Jangan biarkan rasa cemburu menguasaimu sebab hubungan malah bisa jadi rusak. Oleh karena itu, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut ini seperti dilansir dari Times of India.

 menanamkan rasa kepercayaan

1. Tanamkan kepercayaan

Ini adalah aturan paling penting di setiap hubungan. Kepercayaan adalah pondasi terbentuknya hubungan yang harmonis. Mempercayai adalah mencintai. Perasaan cemburu hanya akan menyumbat pikiran Anda dan membuat Anda tidak bahagia seutuhnya.

2. Jangan bertindak atas dasar rasa cemburu

Seringkali, ketika Anda sedang sangat cemburu, Anda juga cenderung marah dan mengucapkan kata-kata menyakitkan. Anda tidak boleh membiarkan perasaan itu menguasai Anda.

Bersikaplah masuk akal dan berpikir dua kali sebelum mengucapkan kata-kata kasar yang dapat merusak hubungan Anda.

3. Percaya pada dirimu sendiri

Sebelum Anda berbicara dengan pasangan Anda, cari tahu terlebih dahulu mengapa Anda merasa seperti ini belakangan ini.

Merasa cemburu bukan berarti menurunkan harga diri Anda. Ketahuilah bahwa pasangan Anda pasti akan tetap bersama Anda untuk mencari solusi yang terbaik.

4. Lupakan hubungan masa lalu

Hubungan seseorang di masa lalu meninggalkan dampak yang kuat pada keadaan emosi seseorang. Selain itu, jika mantan pacar Anda telah selingkuh atau membuat Anda terluka maka kemungkinan besar Anda jadi memiliki masalah kepercayaa. Makanya lupakan hubungan masa lalu.

5. Ekspresikan rasa cemburu dengan benar

Bersikaplah dewasa dalam mengungkapkan apa yang sebenarnya Anda rasakan. Jika pasangan Anda telah melakukan sesuatu yang membuat Anda merasa sangat cemburu, coba komunikasikan secara baik-baik, jelaskan secara perlahan apa yang membuat Anda merasa cemburu belakangan ini.

Kecemburuan bisa menimbulkan perasaan frustrasi dan marah, jadi lebih baik lakukan pendekatan dengan kepala dingin.

Baca juga: 4 Tips Berteman dengan Mantan Tanpa Baper

 

6. Ingat momen bahagia bersamanya

Jangan biarkan amarah menguasai Anda. Tenangkan dengan mengenang kembali momen-momen bahagia saat bersamanya, sifat-sifat lucu dan baik dari dirinya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini