Cek Fakta: Makanan Asam Hambat Virus Corona?

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 612 2321802 cek-fakta-makanan-asam-hambat-virus-corona-JtZslSBZNA.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JUMLAH pasien yang terkena Covid-19 mencatatkan kenaikan fantastis kemarin. Dengan pertambahan sebesar 8 ribu lebih, ini menjadi kenaikan terbesar semenjak virus corona masuk ke Indonesia.

Akibatnya, banyak berita-berita salah kembali beredar lewat pesan singkat di grup WhatsApp. Salah satunya adalah untuk mencegah covid-19 bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan alkali dengan pH yang lebih tinggi. Klaim ini menyebut bahwa pH Covid-19 adalah dari 5,5 hingga 8,5.

Padahal, melansir keterangan Hoaxbuster Kemenkes, virus, termasuk virus Corona, tidak memiliki pH. Oleh karena itu, konsumsi makanan alkali dengan pH yang lebih tinggi tidak bisa membunuh virus Corona Covid-19.

Dikutip dari media pemeriksa fakta India, The Quint, ahli virus Shaheed Jameel mengatakan bahwa virus tidak memiliki derajat keasaman atau pH. Oleh karena itu, pernyataan yang mengaitkan makanan yang diklaim memiliki pH tinggi dengan virus Corona Covid-19 tidak berdasar. “Virus tidak memiliki nilai pH. Tidak ada organisme hidup yang memiliki nilai pH,” kata Shaheed.

Suranjit Chatterjee, Konsultan Senior Obat Penyakit Dalam di Rumah Sakit Indraprastha Apollo, mengatakan tidak ada bukti untuk mengklaim bahwa konsumsi makanan alkali dapat mengobati infeksi virus Corona Covid-19. “Ini hanya teori yang sedang beredar dan tidak hanya di India tapi juga di negara lain. Tidak ada bukti atau data untuk mengklaim bahwa makanan alkali akan menyembuhkan infeksi virus Corona,” katanya.

Hal senada dilaporkan oleh organisasi pemeriksa fakta Afrika, AfricaCheck. Berdasarkan keterangan Tanimola Akande, profesor kesehatan masyarakat Universitas Ilorin, Nigeria, virus Corona Covid-19 “tidak memiliki pH sendiri”. Namun, virus Corona bertahan dengan baik di lingkungan dengan pH sekitar 6 dan tidak mampu bertahan pada pH di atas 8.

Oyewale Tomori, profesor virologi WHO, juga mengatakan bahwa klaim tentang pH pada virus Corona Covid-19 keliru. Selain itu, dilansir dari Euronews, mengkonsumsi makanan tertentu yang memiliki pH di bawah ataupun di atas 7 tidak akan mengubah derajat keasaman dalam tubuh.

Pasalnya, tubuh telah mengatur derajat keasamannya dalam kisaran yang sangat sempit, terbatas pada pH 7,37-7,43, agar sel-sel tetap berfungsi.

Satu hal yang paling mungkin mempengaruhi derajat keasaman di dalam tubuh adalah melalui pernapasan. Jika tingkat pernapasan lebih rendah, tubuh akan mengumpulkan CO2 yang mengarah ke pengasaman. Sebaliknya, jika tingkat pernapasan lebih tinggi, CO2 berkurang dan akan meningkatkan pH. Namun, jika pH darah tidak normal, seseorang justru akan sakit.

Berikut adalah pesan berantai yang beredari di grup WhatsApp:

 

# 🔴😷🆘 Hati2 !!! Bandung zone merah : Nasihat di Rumah Sakit isolasi ( dapat diterapkan di rumah ) -obat yang diambil di Rumah Sakit 🏥 Isolasi#

 

1. Vitamin ©️ C-1000

2. Vitamin E ( E )

3. Dari pukul 10.00 🕙hingga 11.00 pagi, 🕚duduklah di bawah sinar matahari 🌞 selama 15-20 1️⃣5️⃣ - 2️⃣0️⃣ menit.

4. Makan telur 🍳🥚 sekali sehari

5. Istirahat / tidur minimal 7-8 jam 🛌

6. Setiap hari kita minum 1,5 liter air 🥛

7. Semua makanan harus dimakan panas ( tidak dingin ) 🥘🔥

 

" Ini semua yang kami lakukan di Rumah Sakit untuk memperkuat sistem kekebalan ".

 

Perhatikan bahwa pH COVID-19 adalah dari 5,5 hingga 8,5

 

Oleh karena itu, yang harus kita lakukan untuk MEMBERANTAS VIRUS tersebut adalah MENGKONSUMSI MAKANAN yang LEBIH BASA dan LEBIH ASAM daripada virus corona😷 baru.

 

Misalnya :

Pisang

Kapur-9,9 pH

Kuning Lemon-8,2 pH

Buah susu-15,6 pH

* Bawang putih-13,2 pH

* Mangga-8,7 pH

* Orange Orange-8,5 pH

* Huang Li-12,7 pH

* Selada air-22,7 pH

* Orange-9.2 pH

 

Bagaimana Anda tahu bahwa Anda telah terinfeksi virus corona baru ?

 

1. Tenggorokan gatal

2. Tenggorokan kering

3. Batuk kering

4. Suhu tubuh tinggi

5. Sesak napas

6. Kehilangan penciuman. .

 

Biasakan minum air hangat

 

#🔴 Guys; Jangan simpan informasi ini sendiri. Tolong bagikan kepada keluarga dan teman" Anda. 🥰 #

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini