Potret Nia Zulkarnaen Pakai Noken, Warisan Budaya Dunia dari Papua

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Sabtu 05 Desember 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 194 2322263 potret-nia-zulkarnaen-pakai-noken-warisan-budaya-dunia-dari-papua-NPc7YHhDwb.jpg Nia Zulkarnaen pakai noken Papua (Foto : Instagram/@alenia259)

Pada 4 Desember delapan tahun lalu noken Papua ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda UNESCO. Karenanya, setiap 4 Desember kini diperingati sebagai Hari Noken Sedunia.

Noken Papua adalah tas tradisional asal Papua yang terbuat dari serat kayu. Berbeda dari biasanya, tas ini digunakan di kepala untuk membawa barang kebutuhan sehari-hari.

Chelsea Islan

Berbagai kalangan artis Indonesia turut memakai noken Papua, salah satunya Chelsea Islan. Ketika mengunjungi Papua, Chelsea Islan mengenakan noken Papua dan mengabadikan momen dengan masyarakat di sana. 

Baca Juga : Intip Cantiknya Chelsea Islan Pakai Noken Papua

Selain Chelsea Islan, istri dari seorang aktor sekaligus musikus Indonesia keturunan Papua-Ambon, Nia Zulkarnaen juga memakai tas ini. Dia turut merayakan Hari Noken Sedunia yang diperingati setiap 4 Desember.

Nia Zulkarnaen

Seperti yang diunggah di Instagram pribadinya, ia berpose bersama 3 laki-laki yang juga mengenakan noken papua di samping mobil Alenia's Journey Uncover Papua. Ia mengenakan tas berwarna kuning. Unggahan tersebut disertai caption "Selamat Hari NOKEN International 4 December 2012-2020."

Namun, Nia Zulkarnaen tidak hanya sekali memperkenalkan noken papua di Instagram. Pada September 2017, Nia juga pernah mengunjungi Papua dan sempat mengabadikan momennya di sana.

Nia mengunggah potret dirinya tersebut ke akun Instagram. Dia berfoto dengan seorang anak laki-laki di Papua. Berpose dengan gaya seperti sedang berinteraksi dengan anak itu sambil tersenyum.

Nia Zulkarnaen

Ia mengalungkan noken papua berwarna hitam yang bermotif bunga berwarna merah di badannya. Dalam caption, Nia menanyakan nama dari anak tersebut dalam bahasa setempat.

"Kar kendageta.. sayang? (Bahasa Lanny) 😊❤️ siapa namamu.. sayang?", begitu dituliskannya pada keterangan foto yang diunggah pada 16 September 2017.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini