10 Manfaat Daun Bidara, Turunkan Gula Darah hingga Demam

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Sabtu 05 Desember 2020 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 481 2322114 10-manfaat-daun-bidara-turunkan-gula-darah-hingga-demam-nx84aXS5ZU.jpg Daun Bidara (Foto : Mediasehatmu)

Bidara adalah pohon yang tumbuh di tempat yang kering dan menghasilkan buah. Tidak hanya buahnya yang memiliki manfaat untuk kesehatan, daun bidara dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Ada 10 manfaat daun bidara untuk kesehatan Anda. Seperti dilansir dari Beta-Weku, berikut Okezone paparkan manfaat daun bidara.

1. Membersihkan tubuh

Dalam hadits Aisha Asma binti Syakal, disebutkan bahwa dianjurkan untuk menggunakan air yang dicampur dengan daun bidara saat mandi. Daun bidara terdapat sejenis bahan alami untuk membersihkan kotoran. Daun bidara yang diremas dan dicampur dengan air menghasilkan buih yang bisa digunakan untuk mandi. Dalam praktiknya, daun bidara digunakan untuk ruqyah dalam mengatasi masalah yang disebabkan oleh jin dan sihir.

2. Menghilangkan bau darah menstruasi

Biasanya bau darah haid yang cukup menyengat. Anda bisa menggunakan campuran-campuran air bidara untuk mengatasinya.

3. Kecantikan

Daun Bidara

Memiliki wajah cantik, mulus, dan bersih adalah dambaan setiap wanita. Anda bisa menggunakan masker dari daun bidara untuk mendapatkan semua itu. Daun bidara juga dapat mengobati masalah jerawat. Gunakan masker daun bidara secara rutin untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

4. Menyembuhkan luka

Daun ini dapat digunakan dalam penyembuhan luka. Mulai dari luka bakar, cakaran, dan luka lainnya bisa mengering dan sembuh dengan cepat. Karena di dalam daun bidara terdapat zat yang bisa membantu menghentikan pendarahan sehingga lukanya cepat sembuh.

Baca Juga : Daun Sungkai, Tanaman Obat yang Dipercaya Bisa Menangkis Serangan Corona

5. Mencegah diabetes

Ramuan daun bidara dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Minum secara rutin untuk dapat hasil yang maksimal.

6. Mengatasi demam

Selain menurunkan kadar gula darah, ada manfaat lain dari daun bidara. Khasiat daun bidara dapat membantu menurunkan demam ketika kondisi drop. Jadi, sebelum ke dokter, Anda bisa mencoba menurunkan demam dengan daun bidara.

7. Mencegah kanker dan tumor

Mengonsumsi daun bidara secara rutin dapat mencegah dan mengatasi pertumbuhan tumor dan sel kanker di tubuh Anda.

8. Mengatasi depresi

Daun Bidara

Dalam daun bidara mengandung zat yang dapat membuat saraf menjadi rileks dan melancarkan aliran darah. Sehingga, tubuh dan pikiran Anda menjadi tenang dan depresi berkurang secara perlahan.

9. Memperkuat rambut

Masalah rambut yang paling sering dikeluhkan sebagian orang adalah rambut rontok. Anda bisa menggunakan daun bidara untuk mengatasinya. Basuh rambut sampai ke akarnya dengan campuran air dan daun bidara.

10. Meningkatkan nafsu makan

Anda bisa memanfaatkan daun bidara sebagai penambah nafsu makan. Saat ini, sudah banyak dijual kapsul dan pil dari ekstrak daun bidara. Anda bisa memanfaatkannya sebagai pengganti daun bidara segar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini