Yuk Konsumsi 6 Makanan Ini Buat Redakan Nyeri Menstruasi

Iman Firmansyah, Jurnalis · Minggu 06 Desember 2020 02:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 481 2322423 yuk-konsumsi-6-makanan-ini-buat-redakan-nyeri-menstruasi-94a9E0nMW3.jpg Ilustrasi makanan pereda nyeri menstruasi. (Foto: Freepik)

WANITA akan mengalami periode menstruasi setiap bulannya. Keadaan ini berkisar lima hingga tujuh hari atau bisa saja lebih.

Ketika menstruasi, biasanya wanita akan merasakan sakit atau tidak nyaman. Tidak sedikit juga yang sampai harus mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dan mandi air panas untuk membantu menghilangkan nyeri.

Baca juga: Benarkah Nyeri Haid Mereda Setelah Melahirkan? 

Namun ternyata ada cara lain untuk meredakan rasa nyeri ketika sedang menstruasi. Salah satunya adalah melalui makanan.

Seperti dikutip dari laman Boldsky, Minggu (6/12/2020), berikut ini makanan yang dapat membantu meredakan nyeri haid.

Nyeri menstruasi

1. Jahe

Jahe mengandung gingerol, suatu zat atau senyawa bioaktif utama dalam jahe yang dapat membantu meredakan gejala menstruasi yang paling umum yaitu kembung dan mual.

2. Sayuran berdaun hijau

Perempuan akan banyak kehilangan darah selama periode menstruasi dan banyak nutrisi yang hilang karena nutrisi tersebut disimpan dalam darah, seperti zat besi, magnesium, dan kalium sehingga menyebabkan kelelahan, pusing. Makan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli diyakini dapat kembali memenuhi nutrisi.

Baca juga: Kram Menstruasi, Coba Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini 

3. Gandum utuh

Biji-bijian utuh seperti gandum dan beras merah mengandung nutrisi seperti magnesium yang dapat mengurangi ketegangan otot serta kram saat menstruasi.

4. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan menyediakan jumlah kalsium yang dibutuhkan setelah hilang akibat perdarahan saat menstruasi.

Baca juga: Waduh, Menstruasi Tak Lancar Berisiko Kematian Dini 

5. Daging dan telur

Jika Anda bukan seorang vegetarian, pastikan mengonsumsi daging merah, ikan, dan telur dalam jumlah yang cukup selama menstruasi karena dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan kram saat menstruasi.

6. Pisang

Buah ini kaya akan kalium dan vitamin yang dapat meningkatkan suasana hati Anda dan membantu mengatur pergerakan usus sehingga meringankan diare yang disebabkan oleh menstruasi.

Baca juga: Dokter Reisa: Suka Makan Junk Food Menstruasi Remaja Enggak Teratur 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini