Share

Ini Makanan yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi saat Musim Hujan

Sausan Sudarjat, Okezone · Minggu 06 Desember 2020 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 06 298 2322549 ini-makanan-yang-harus-dihindari-dan-dikonsumsi-saat-musim-hujan-E9xxfPt6kR.jpg Ilustrasi. (Foto: Tabrez Syed/Unsplash)

POLA makan yang teratur dan seimbang tidak cukup di kala musim hujan. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur. Lalu hindari jajan sembarangan yang tidak jelas kandungannya agar dirimu tetap sehat.

Melansir dari Firstpost, Minggu (6/12/2020), pakar nutrisi dan kesehatan India Akanksha Mishra mengatakan musim hujan adalah periode infeksi.

Baca juga: Musim Hujan, Ini Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi 

"Pilek dan batuk, malaria, demam berdarah, infeksi perut, demam, tifus, dan pneumonia sangat umum terjadi ketika musim hujan. Sebab segala penyakit ini, kami selalu meminta orang-orang untuk memiliki makanan yang sederhana, seimbang, dan baru dimasak yang mudah dicerna selama musim hujan," ungkapnya.

Lalu ternyata ada sejumlah makanan yang harus dihindari saat musim hujan untuk menghindari jatuh sakit. Apa saja? Ini deretannya.

Musim hujan

1. Gorengan

Tidak apa-apa sesekali mengonsumsi gorengan, tetapi Anda tetap harus menjadi porsi makan supaya tidak kelebihan hingga menyebabkan gangguan pencernaan, diare, dan lainnya. Disarankan untuk tidak menggunakan kembali minyak yang telah digunakan.

2. Sayuran yang tidak bersih

Banyak penelitian, termasuk Mikrobiologi Terapan dan Lingkungan pada 2015, menunjukkan sayuran hijau rentan atas penumpukan bakteri dan jamur. Cuci sayur sampai bersih dan masak menggunakan api besar.

3. Daging dan seafood

Musim hujan merupakan musim di mana ikan dan hewan laut lainnya berkembang biak. Jadi akan lebih baik jika kurangi mengonsumsi makanan ini selama musim hujan. Risiko penularan penyakit melalui air dan makanan rentan saat musim hujan.

Baca juga: 5 Cara Tetap Sehat saat Beraktivitas di Musim Hujan 

4. Makan di luar

Kelembapan selama musim hujan meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur. Karena itu, rentan penyebaran penyakit melalui air. Akan lebih baik jika Anda hindari makan di luar, walaupun Anda sangat menyukainya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Sementara ada juga makanan yang perlu dikonsumsi saat musim hujan. Berikut ini di antaranya:

1. Air Mineral

Perbanyak mengonsumsi air yang bersih dan aman untuk diminum. Minum akan menrehidrasi dan baik untuk sistem kekebalanmu.

2. Buah

Konsumsi buah-buah yang memiliki nutrisi, seperti serat, vitamin A dan C, serta antioksidan. Misalnya, jeruk, apel, dan pir.

3. Sayuran bersih

Konsumsi sayuran dan cuci hingga bersih agar aman dikonsumsi.

4. Rempah-rempah

Sertakan rempah-rempah, seperti kunyit dan jahe dalam masakan Anda karena memiliki sifat antiseptik, anti-inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan rumahan sederhana harus menjadi hidangan Anda dalam cuaca seperti ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini