Ini 5 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Kulit Wajahmu, Yuk Disimak

Adella Christyanti, Jurnalis · Minggu 06 Desember 2020 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 06 481 2322636 ini-5-manfaat-mentimun-untuk-kesehatan-kulit-wajahmu-yuk-disimak-JwQWP6SRYj.jpg Ilustrasi mentimun. (Foto: Shutterstock)

MENTIMUN atau biasa dikenal dengan nama timun ini merupakan sayuran yang lezat sebagai camilan sehat atau salad. Sayuran bergizi ini ternyata juga memiliki manfaat untuk merawat kulit Anda.

Mentimun adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu bermanfaat bagi kulit Anda di beberapa aspek. Tidak hanya itu, mentimun memiliki sifat anti-inflamasi, ditambah lagi dengan antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C serta asam folat, menjadikannya bahan yang sangat baik untuk masker wajah DIY.

Baca juga: 3 Khasiat Timun, Bantu Atasi Panas Dalam hingga Kurangi Keriput 

Nah, penasaran apa saja manfaat mentimun untuk kesehatan wajah? Berikut di antaranya, sebagaimana dilansir Healthline, Minggu (6/12/2020).

1. Mengurangi pembengkakan

Penelitian menunjukkan bahwa mentimun memiliki kemampuan mengurangi bengkak pada kulit. Ini mungkin sangat membantu jika Anda kurang tidur dan mendapati ada lingkaran hitam dan bengkak di bawah mata. Irisan mentimun dingin atau jus mentimun dapat membantu mengurangi bengkak sekaligus "membangunkan" kulit yang tampak lelah.

2. Membantu kulit berjerawat

Kulit berminyak dan sel kulit mati bisa menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat. Mentimun yang bersifat astringen ringan dapat membantu membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori. Ini dapat membantu mengurangi jerawat.

Baca juga: Konsumsi Makanan Ini Biar Kulit Tetap Sehat saat Musim Hujan 

3. Membantu memerangi penuaan dini

Komponen antioksidan dalam mentimun dapat menjadikannya bahan antikeriput yang berpotensi membantu. Selain itu, mentimun mengandung vitamin C dan asam folat. Vitamin C memiliki kemampuan merangsang pertumbuhan sel baru, sedangkan asam folat membantu melawan racun lingkungan yang dapat membuat kulit Anda terlihat lelah atau menua sebelum waktunya. Jika digabungkan, komponen ini dapat membantu kulit Anda terlihat lebih kencang dan sehat.

4. Menenangkan iritasi

Efek mendinginkan dan anti-inflamasi dari mentimun dapat membantu meringankan rasa sakit, kemerahan, dan iritasi yang disebabkan oleh sengatan matahari, gigitan serangga, dan ruam.

5. Menyediakan dasar untuk hidrasi

Ketimun terdiri dari 96 persen air. Meskipun air saja tidak cukup untuk melembapkan kulit Anda, jus dari mentimun dapat dengan mudah dicampur dengan bahan pelembap lain seperti madu atau lidah buaya untuk melembapkan dan menenangkan kulit Anda.

Baca juga: Deretan Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit, Nomor 2 Paling Penting 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini