Tidak Disangka, 4 Tanaman Liar Ini Ternyata Bisa Dimakan Lho

Diana Rafikasari, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 298 2322961 tidak-disangka-4-tanaman-liar-ini-ternyata-bisa-dimakan-lho-Tv6lzisv0i.jpg Talas liar. (Foto: Spencer Wing/Pixabay)

TANAMAN liar bisa ditemui di mana saja. Mulai sekitar rumah hingga alam liar di tengah hutan. Banyak orang berpikir tanaman liar hanyalah tumbuhan biasa tidak terawat, namun ternyata ada manfaatnya lho.

Beberapa tanaman liar ternyata bisa dikonsumsi manusia. Tidak hanya itu, beberapa sayuran yang tumbuh di alam bebas juga dapat dimakan saat musim hujan.

Baca juga: Daftar Khasiat Kunyit, Salah Satunya Bantu Atasi Kulit Kering 

Sejumlah tanaman liar mudah ditemukan oleh masyarakat perdesaan. Berikut ini tanaman liar yang bisa dimakan manusia, seperti dinukil dari Times of India, Senin (7/12/2020).

Infografis tanaman liar bisa dimakan. (Foto: Okezone)

1. Talas liar

Tanaman talas liar memiliki kalsium oksalat di dalamnya yang harus dihilangkan dengan merebus atau memanggangnya. Menurut beberapa akademisi, diketahui memiliki kandungan pati yang tinggi dengan serat makanan yang ada di dalamnya. Daun talas liar kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang membuatnya bermanfaat. Sebelum memasak tanaman ini, pastikan merebus atau memanggangnya dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga: Ketahui 7 Manfaat Memelihara Tanaman di Rumah 

2. Bayam ramping

Bayam ramping adalah tanaman liar populer yang daun dan tanaman mudanya terkadang dinikmati sebagai sayuran dengan cara menggorengnya. Ini juga merupakan tanaman obat karena daunnya diuretik dan pencahar, bisa digunakan untuk mengobati radang, bisul, dan wasir.

3. Teratai

Konon semua bagian tanaman teratai bisa dimakan, tapi harus sangat hati-hati. Dari keripik hingga kacang, dan bahkan kari yang lezat, Anda bisa membuat apa saja dengan tanaman teratai ini.

Teratai. (Foto: Pexels/Pixabay)

Baca juga: Unik, Bunga Ini Mahir Berkamuflase Supaya Tidak Dipetik Manusia 

4. Krokot belanda

Umumnya dikenal sebagai waterleaf atau sambar cheera, krokot dikonsumsi disejumlah wilayah. Tanaman ini dapat digunakan dalam berbagai kari untuk meningkatkan ketebalan hidangan. Krokot juga memiliki khasiat obat dan dapat digunakan dalam pengobatan diabetes serta campak dengan kandungan kaya akan vitamin A, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Baca juga: Mau Ikut Koleksi Tanaman? Perhatikan 5 Tips dan Trik Ini 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini