Buat Para Pencandunya, Ini Manfaat Kopi yang Wajib Diketahui

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 298 2323243 buat-para-pencandunya-ini-manfaat-kopi-yang-wajib-diketahui-iEqQRHm7sn.jpg Asyiknya ngopi (Foto: Inst Montanacafe)

Kopi merupakan minuman yang sangat digemari di berbagai kalangan. Mulai dari anak muda hingga orang tua. Dalam berbagai kesempatan minuman lezat ini selalu menemani.

Tapi, tahukah Anda manfaat dibalik minuman berkafein ini? Melansir dari Medical News Today, berikut Okezone paparkan manfaat kopi bagi kesehatan tubuh.

 ngopi dengan pemandangan spektakuler

1. Mencegah diabetes tipe 2

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang meningkatkan konsumsi kopi setidaknya satu cangkir per hari selama 4 tahun memiliki risiko diabetes tipe 2 11% lebih rendah daripada mereka yang tidak meningkatkan asupannya. Orang yang minum 4-6 cangkir kopi berkafein atau tanpa kafein setiap hari tampaknya memiliki risiko sindrom metabolik yang lebih rendah, termasuk diabetes tipe 2.

 

2. Melindungi dari penyakit Parkinson

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kafein yang terdapat dalam kopi dan banyak minuman lainnya, dapat membantu melindungi dari penyakit Parkinson. Kafein dalam kopi dapat membantu mengontrol pergerakan pada orang dengan Parkinson, menurut sebuah penelitian tahun 2012.

3. Menurunkan risiko kanker hati

Peneliti Italia menemukan bahwa mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko kanker hati sekitar 40%. Beberapa hasil menunjukkan bahwa orang yang minum tiga cangkir per hari mungkin memiliki risiko 50% lebih rendah. Selain itu, sebuah meta-analisis dari tahun 2017 juga menyimpulkan bahwa mengonsumsi jenis kopi apa pun tampaknya mengurangi risiko kanker hati, penyakit hati berlemak non-alkohol, dan sirosis.

 Baca juga: Baim Wong Ajak Paula Verhoeven dan Kiano Mandi Cokelat, Ternyata Ini Manfaatnya!

4. Melindungi jantung

Satu studi tahun 2012 menyimpulkan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang, atau mengonsumsi sekitar dua porsi 8 ons per hari, dapat melindungi terhadap gagal jantung. Beberapa penelitian menemukan kadar lipid darah (lemak) dan kolesterol yang lebih tinggi pada orang yang mengonsumsi lebih banyak kopi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini