5 Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan, Sering Konsumsi Yuk

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 298 2323297 5-manfaat-buah-sirsak-bagi-kesehatan-sering-konsumsi-yuk-AWqiee6DWv.jpg Buah sirsak (Foto: World Health Design)

Buah sirsak adalah buah yang populer karena rasanya yang enak dan manfaatnya bagi kesehatan yang menakjubkan. Selain itu sirsak juga sangat padat nutrisi dan memberikan jumlah serat dan vitamin C yang baik dengan sedikit kalori.

Dikenal sebagai graviola adalah buah Annona muricata, sejenis pohon asli daerah tropis di Amerika. Buah berduri hijau ini memiliki tekstur seperti krim dan rasa yang kuat dibandingkan dengan nanas atau stroberi.

Sirsak biasanya dimakan mentah dengan memotong buahnya menjadi dua dan mengambil dagingnya. Buah-buahan memiliki ukuran yang beragam dan bisa berukuran cukup besar. Buah ini rendah kalori, namun tinggi beberapa nutrisi, seperti serat dan vitamin C. Sirsak juga mengandung sedikit niasin, riboflavin, folat dan zat besi.

Menariknya, banyak bagian buahnya yang dimanfaatkan sebagai obat, termasuk daun, buah dan batangnya. Ini juga digunakan untuk memasak dan bahkan bisa dioleskan ke kulit.

Beberapa penelitian menemukan buah ini dapat membantu berbagai hal, mulai dari mengurangi peradangan hingga memperlambat pertumbuhan kanker.

sirsak

1. Tinggi Antioksidan

Sirsak mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan senyawa berbahaya yang disebut radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Beberapa Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat berperan dalam mengurangi risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Seperti dilansir dari Healthline, buah sirsak memiliki berbagai manfaat kesehatan apa saja?

2. Dapat membunuh sel kanker

Beberapa penelitian menemukan buah sirsak berpotensi membantu menghilangkan sel kanker. Salah satu studi menggunakan ekstrak buah sirsak untuk mengatasi sel kanker payudara. Buah ini juga mampu mengurangi ukuran tumor, membunuh sel kanker, dan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

3. Membantu melawan bakteri

Selain antioksidan, beberapa peneliti menunjukkan buah sirsak juga mengandung sifat antibakteri yang kuat. Berdasarkan penelitian menggunakan tabung reaksi, ekstra buah sirsak dapat menangkal bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Termasuk jenis bakteri strain yang menyebabkan radang gusi, kerusakan gigi dan infeksi jamur. Sirsak bekerja melawan bakteri yang bertanggung jawab atas infeksi kolera dan Staphylococcus

4. Mengurangi peradangan

Beberapa peneliti menemukan bahwa sirsak dan kandungannya dapat membantu melawan peradangan. Peradangan adalah respons kekebalan terhadap cedera, tetapi semakin banyak bukti yang menunjukkan peradangan kronis dapat berkontribusi pada penyakit.

Dalam sebuah penelitian, tikus diobati dengan ekstrak sirsak yang ditemukan dapat mengurangi pembengkakan dan meredakan peradangan. Meskipun penelitian saat ini terbatas pada penelitian pada hewan, ini mungkin sangat bermanfaat dalam pengobatan gangguan inflamasi seperti radang sendi.

Baca juga: Baim Wong Ajak Paula Verhoeven dan Kiano Mandi Cokelat, Ternyata Ini Manfaatnya!

5. Membantu menstabilkan kadar gula

Sirsak telah terbukti membantu mengatur kadar gula darah melalui beberapa penelitian pada hewan. Dalam sebuah penelitian, tikus diabetes disuntik dengan ekstrak sirsak selama dua minggu. Mereka yang menerima ekstrak tersebut memiliki kadar gula darah yang lima kali lebih rendah daripada kelompok yang tidak diobati.

Namun, penelitian pada hewan ini menggunakan ekstrak sirsak terkonsentrasi yang melebihi apa yang mungkin Anda dapatkan melalui makanan Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini