Suka Minum Jus, Kenali 5 Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuhmu

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 23:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 298 2323446 suka-minum-jus-kenali-5-khasiatnya-untuk-kesehatan-tubuhmu-katIhIlH57.jpg Ilustrasi minuman jus. (Foto: Roberto Kabana/Pixabay)

JUS adalah salah satu minuman yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Jus bisa diminum kapan saja, mulai pagi hingga malam. Jus bisa terbuat dari buah-buahan atau sayuran. Keduanya sangat baik untuk kesehatan.

Meminum jus juga dapat menjadi alternatif untuk mereka yang kurang suka mengonsumsi buah atau sayur dengan wujud asli. Jus bisa ditambahkan berbagai bahan untuk membuatnya lebih nikmat. Jadi banyak campuran bisa diberikan.

Baca juga: Cara Bikin Jus Semangka, Cocok Diminum saat Siang Hari 

Di dalam minuman jus ternyata mengandung banyak khasiat. Apa saja? Berikut ini lima manfaat di antaranya, sebagaimana dikutip dari Rediff, Senin (7/12/2020).

1. Membantu menurunkan berat badan

Anda bisa memulai hari dengan minum segelas jus segar setiap pagi untuk melihat perbedaan berat ukuran badan. Selain menurunkan berat badan, jus buah memperkuat sistem kekebalan, membantu pencernaan dan mencegah alergi. Jus buah mendetoksifikasi tubuh dan secara alami mengeluarkan racun yang bisa menurunkan berat badan.

Jus vitamin C. (Foto: Silviarita/Pixabay)

2. Detoksifikasi tubuh

Segelas jus segar setiap pagi dapat membantu mendetoksifikasi tubuh Anda. Jika tidak makan buah setiap hari, alternatif termudah adalah menjadikan jus segar sebagai bagian dari makanan. Namun ada baiknya menghindari jus buah kemasan, karena lebih baik minum segelas jus segar yang mengandung semua enzim, mineral, dan vitamin yang mudah diserap tubuh. Asupan jus buah segar secara teratur menjauhkan Anda dari penyakit.

Baca juga: Khasiat Jus Kentang untuk Perawatan Kulit, Apa Saja? 

3. Kaya vitamin

Makan buah dan sayuran mentah lebih bermanfaat daripada jus. Namun jus memiliki keuntungan memberikan air ke tubuh Anda dan menjaganya tetap terhidrasi. Setiap jus hadir dengan manfaat kesehatan tertentu dan menambah nilai pada sistem Anda.

Jika merasa terhidrasi, Anda bisa minum segelas jus seledri. Jika merasa lelah setelah hari yang melelahkan di tempat kerja, Anda dapat meminum segelas jahe atau jus lemon untuk memulihkan tingkat energi tubuh. Bagian terbaik tentang jus buah adalah tubuh Anda dengan mudah mencerna cairan dan langsung memberikan nilai gizinya.

4. Menahan rasa lapar

Setiap kali memiliki keinginan untuk makan sesuatu, Anda biasanya beralih ke camilan yang tidak sehat, dan ini berlangsung dalam jangka panjang. Bagian terbaik tentang jus buah segar adalah mencegah keinginan untuk sementara waktu dan membuat Anda kenyang sampai waktu makan berikutnya. Jus memang bagus, tapi seperti yang para ahli katakan, apa pun yang berlebihan berbahaya. Jus buah dengan gula harus dihindari karena gula dapat meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi berlebihan.

5. Memperlancar sistem pencernaan

Jus segar dari buah-buahan dan sayuran mengandung mineral dan enzim penting yang meningkatkan pencernaan yang sehat. Dengan demikian, jus segar dapat membantu memelihara kesehatan usus Anda.

Baca juga: 5 Manfaat Rumput Gandum untuk Kesehatan, Simak Yuk! 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini