Mana Lebih Sehat Diminum di Pagi Hari, Susu atau Jus Jeruk?

Iman Firmansyah, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 23:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 298 2323451 mana-lebih-sehat-diminum-di-pagi-hari-susu-atau-jus-jeruk-C65ggGS0V5.jpg Susu. (Foto: Indian Times)

KETIKA sarapan, seseorang terkadang meminum susu atau jus jeruk. Dua minuman ini hampir selalu tersedia ketika pagi hari. Tapi sebenarnya mana yang lebih sehat, susu atau jus jeruk?

Sarapan sendiri pada dasarnya sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Sebab ketika sarapan, tubuh memanfaatkan makanan yang dikonsumsi dan diubah menjadi energi untuk digunakan menjalani aktivitas harian.

Baca juga: Cari Menu Sarapan? Cobain Nih Roti Macan Tutul yang Lezatnya Mantul! 

Sangat penting makan makanan padat nutrisi saat pagi hari, namun ada dilema yang dihadapi ketika sarapan, seperti minuman apa yang menyehatkan untuk sarapan, apakah jus jeruk yang diperkaya vitamin C atau susu yang mengandung kalsium?

Dikutip dari laman Times of India, Senin (7/12/2020), jus jeruk adalah sumber antioksidan yang sangat baik dalam membantu tubuh terbebas dari penyakit. Memiliki banyak kandungan vitamin C, jus jeruk melindungi tubuh dari gangguan seperti polusi udara, sinar ultraviolet yang berbahaya dan polusi lingkungan yang berbahaya.

Jus vitamin C. (Foto: Roberto Kabana/Pixabay)

Anda bisa konsumsi satu gelas jus jeruk setiap hari saat sarapan. Dengan bagitu, bisa memenuhi kebutuhan vitamin C sepanjang hari.

Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum minum jus jeruk dan jangan sampai tidak mendapatkan manfaatnya. Jus jeruk biasanya dikonsumsi dalam bentuk kemasan, dan berarti ada beberapa gula tambahan yang kurang baik bagi tubuh.

Baca juga: Dumpling Ayam ala Rumahan, Cocok untuk Sarapan 

Selain itu jika berbicara tentang jus jeruk segar, ketika membuatnya menghabiskan banyak lapisan nutrisi darinya dan kebanyakan air. Kemudian beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa jus jeruk buruk untuk enamel gigi serta dapat merusaknya secara permanen.

Sementara susu merupakan penghasil kalsium murni. Sejumlah penelitian telah mengonfirmasi banyak manfaat dalam susu, tidak hanya kalsium tetapi juga protein, vitamin B12, dan beberapa lemak sehat. Secara tradisional susu juga dianggap sama dengan seluruh makanan karena manfaatnya yang tak terhitung dan membuat tubuh aktif.

Sama seperti jus, susu juga sebenarnya memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya susu mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan bahkan obesitas.

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Tak Cocok untuk Sarapan 

Dalam perbandingan ini, susu menang dan lebih baik Anda minum saat sarapan ketimbang jus jeruk. Ada beberapa keunggulan susu dibanding jus jeruk; pertama, susu penuh kalsium dan memperkuat gigi. Kedua, susu memberi lebih jumlah protein dibanding jus jeruk.

Walau begitu, bukan berarti jus jeruk merupakan pilihan yang buruk. Asalkan Anda tidak terlalu bergantung pada satu minuman, minum jus jeruk di pagi hari diikuti dengan sarapan sehat dalam waktu satu jam setelah susu dapat membantu Anda mendapatkan yang terbaik dari kedua minuman ini.

Baca juga: Sering Tidak Sarapan? Ketahui Risiko Terkena Penyakit Jantung 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini