5 Manfaat Daun Sirih Merah, Turunkan Kolesterol Jahat hingga Gula Darah

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 481 2323114 5-manfaat-daun-sirih-merah-turunkan-kolesterol-jahat-hingga-gula-darah-18urUGZDoK.jpg Daun sirih merah (Foto : Specialityproduce)

Daun sirih sering kali dikenal sebagai daun kunyah di masa lalu. Mungkin orangtua Anda pernah melakukannya di masa lalu. Namun, pernahkah anda bertanya-tanya apakah dengan mengunyah daun sirih mempunyai manfaat tersendiri?

Masih banyak orang yang mengganggap daun sirih hanya bekerja sebagai kesehatan untuk gigi. Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air.

Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak. Mengutip dari berbagi sumber, inilah rangkuman manfaat kesehatan dari daun sirih merah yang mungkin anda belum ketahui.

1. Menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2

Daun Sirih Merah

Peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. Daun sirih juga melindungi kesehatan hati.

2. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Seperti yang telah disebutkan di atas, daun sirih mengandung tinggi antioksidan. Dalam tubuh, antioksidan eugenol yang bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis.

Salah satu manfaat daun sirih yang terkait hal ini adalah menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

Baca Juga : Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih di Rumah

3. Mencegah infeksi bakteri

Pemberian ekstrak daun sirih terbukti dapat menekan pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus di dalam tubuh. Bakteri ini merupakan bakteri Gram positif yang dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit sesuai tingkat keparahannya, mulai dari infeksi saluran pernapasan hingga sepsis.

Manfaat sirih merah ini didapatkan dari kandungan fenol, flavonoid, dan alkaloid. Ketiganya juga terbukti dapat menghambat perkembangbiakan bakteri Escherecia coli dan Candida albicans meski efeknya tidak setinggi pada bakteri Staphylococcus aureus.

4. Penangkal kanker

Daun Sirih Merah

Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih merah dapat membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

5. Obat radang prostat

Daun sirih merah bisa Anda jadikan alternatif untuk mengobati masalah peradangan prostat. Daun sirih merah mengandung antioksidan tanin dan saponin, serta zat aktif hydroxychavicol yang membantu memperbaiki sel-sel di kelenjar prostat agar dapat kembali berfungsi seperti normal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini