Rambut Rontok Jangan Bikin Stres, Tumbuhkan dengan 6 Cara Alami Ini

Adella Christyanti, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 611 2323118 rambut-rontok-jangan-bikin-stres-tumbuhkan-dengan-6-cara-alami-ini-sDCxDONAOB.jpg Ilustrasi. (Foto: Gabirelakania/Pixabay)

RAMBUT dinilai sebagai mahkota. Kebanyakan orang mendambakan rambut yang lebat dan hitam. Namun bagaimana jika rambut sering rontok? Seringkali mengganggu rasa percaya diri, terutama bagi para wanita.

Rambut rontok bisa disebabkan banyak hal, salah satunya tidak cocok sampo. Tak sedikit orang mengalami kerontokan parah hingga menyebabkan kebotakan. Jika sudah begitu, mereka pun berusaha melakukan segala cara untuk menumbuhkan kembali rambutnya.

Baca juga: Tak Mau Alami Kebotakan Dini? Atasi dengan Deretan Makanan Ini 

Namun ada beberapa cara menumbuhkan rambut dengan mudah dan menggunakan bahan alami. Apa saja? Berikut enam cara untuk menumbuhkan rambut secara alami, seperti dilansir Healthline, Senin (7/12/2020).

1. Hindari diet ketat

Kita tidak dapat mengontrol semua yang memengaruhi pertumbuhan rambut. Tetapi ada hal-hal yang dapat dihindari yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan peningkatan kerontokan. Diet ketat dapat menurunkan sumber daya dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Pertumbuhan rambut akan terhenti dengan cepat ketika tubuh Anda sedang stres akibat diet ketat.

Rambut rontok. (Foto: Slavoljubovski/Pixabay)

2. Cobalah produk yang mengandung kafein

Kita semua tahu bahwa kafein dapat memberi Anda dorongan energi, tetapi satu sumber terpercaya dari studi tahun 2014 menemukan bahwa kafein mungkin juga memiliki efek meningkatkan pertumbuhan pada rambut. Menurut penelitian tersebut, kafein dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, dan organ baik pada pria maupun wanita.

Baca juga: Waduh, Penyintas Covid-19 Keluhkan Rambut Rontok 

3. Tingkatkan nutrisi

Vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan juga memainkan peran kunci dalam menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan rambut. Ini termasuk biotin, vitamin C, vitamin D, vitamin E, seng, besi, omega-3, dan omega-6. Apalagi, peneliti menemukan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dan omega-6 selama enam bulan dapat membantu melindungi rambut rontok.

4. Manjakan diri dengan pijat kulit kepala

Pijat kulit kepala dapat membantu meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stres ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut Anda. Peneliti juga menyarankan keefektifan pijat kulit kepala setiap hari selama 4 menit. Hal ini dapat menyebabkan rambut lebih tebal dan lebih kuat yang cenderung tidak patah atau rusak. Anda bisa mendapatkan pijatan kulit kepala profesional atau memanjakan diri dengan pijatan sendiri di rumah.

Baca juga: Potong Rambut Manjur Atasi Kerontokan, Mitos atau Fakta? 

5. Hindari alat pemanas

Alat pemanas seperti alat pengeriting rambut, pengering rambut, dan pelurus rambut dapat merusak rambut dan menyebabkan kerusakan. Meskipun menghindari penataan panas sama sekali mungkin bukan pilihan, Anda mungkin ingin mencoba membatasi seberapa sering Anda menggunakan alat ini. Menurunkan suhu alat penataan rambut yang dipanaskan juga dapat membantu mengurangi kerusakan rambut.

6. Jangan terlalu banyak mewarnai rambut

Saat kita mewarnai rambut kita dan mengubah teksturnya dengan bahan kimia, proses ini dapat memberi tekanan pada rambut dan menyebabkannya patah. Tetapi ketika kita mengurangi proses ini, rambut akan lebih sedikit patah dan tampak seperti tumbuh lebih cepat.

Baca juga: Hotel Dijadikan Tempat Isolasi Mandiri? Ada Syaratnya Lho! 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini