Unik, Posum Kerdil Langka Ditemukan Kembali Usai Kebakaran Hutan di Australia

Adella Christyanti, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 612 2323072 unik-posum-kerdil-langka-ditemukan-kembali-usai-kebakaran-hutan-di-australia-D9SKTBxXCS.jpg Posum kerdil (Foto: Twitter)

Tahun ini telah memberikan sejumlah kejutan, tapi mungkin salah satu kejutan yang jauh lebih menyenangkan adalah penemuan possum kerdil langka. Posum ini belum pernah terlihat sejak kebakaran hutan mematikan yang melanda Australia.

Posum kerdil ini adalah keluarga posum kecil yang secara bersama membentuk hewan berkantung keluarga Burramyidae. Kelima spesies yang tersisa dari pygmy possum dikelompokkan menjadi dua genus. Empat spesies endemik Australia, dengan satu spesies juga tinggal di Papua New Guinea dan Indonesia.

 posum

Spesies kecil yang menggemaskan itu dikhawatirkan telah musnah akibat kebakaran dahsyat, yang menghanguskan hampir setengah dari Australia. Makhluk kecil lucu itu ditemukan oleh kelompok konservasi Australia, Kangaroo Island Land for Wildlife, sebagai bagian dari upaya pemulihan besar-besaran setelah kebakaran hutan.

"Jelas, kebakaran hutan membakar sebagian besar habitat yang dimiliki. Namun kami berharap kami bisa menemukannya," kata Ekologis Fauna Pat Hodgens kepada ABC, seperti dilansir dari Unilad.

Posum kerdil diyakini sebagai posum terkecil di dunia, sehingga sangat sulit ditemukan dan dipelajari.

Baca juga: Baim Wong Ajak Paula Verhoeven dan Kiano Mandi Cokelat, Ternyata Ini Manfaatnya!


"Kami melakukan survei ekstensif untuk mengetahui spesies mana yang masih ada untuk melakukan segala upaya guna melindungi mereka untuk memastikan bahwa mereka bertahan selama masa yang cukup kritis ini,' kata Hodgens.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini