7 Cara Mengatasi Stres karena Pekerjaan Menumpuk

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 612 2323122 7-cara-mengatasi-stres-karena-pekerjaan-menumpuk-DRw7E7TTgY.jpg Stres pekerjaan menumpuk (Foto: Thrive Global)

Setiap orang memiliki kewajiban untuk menafkahi keluarga. Namun, bekerja keras bukan berarti harus mengorbankan kesehatan fisik dan mental begitu saja.

Pekerjaan menumpuk, beban pikiran bertambah, ini dapat memicu stres. Akibatnya, pekerjaan tidak maksimal dan kondisi tubuh pun melemah. Apalagi di tengah pandemi.

Anda dapat mencari cara untuk mengatasi stres dengan cara berikut, yang dilansir dari American Psychological Association.

 stres

1. Ketahui pemicu stres

Buat jurnal selama satu atau dua minggu untuk mengidentifikasi situasi mana yang paling membuat stres. Catatlah pikiran, perasaan, juga informasi tentang orang dan keadaan yang terlibat dan bagaimana cara Anda menanggapinya.

2. Alihkan dengan kegiatan yang positif

Olahraga adalah penghilang stres yang bagus, salah satunya dengan yoga. Luangkan juga waktu untuk hobi dan aktivitas favorit Anda. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk hal-hal yang menyenangkan. Jaga pola tidur yang baik. Batasi asupan kafein di siang hari dan minimalkan penggunaan komputer dan televisi di malam hari.

3. Batasi aktivitas pada malam hari

Buat kebiasaan untuk tidak memeriksa email di malam hari atau tidak menjawab telepon saat makan malam. Ciptakan beberapa batasan yang jelas antara bidang-bidang ini untuk mengurangi potensi konflik kehidupan kerja dan stres yang menyertainya.

 

4. Luangkan waktu untuk mengisi tenaga

Untuk menghindari efek negatif dari stres dan kelelahan kronis, Anda perlu waktu untuk memulihkan rasa stres. Jangan biarkan hari-hari libur Anda sia-sia. Jika memungkinkan, luangkan waktu untuk bersantai dan melepas lelah.

5. Temukan cara untuk rileks

Teknik seperti meditasi atau latihan pernapasan dalam dapat membantu mencairkan stres. Luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk berfokus pada aktivitas sederhana seperti menghirup udara pagi yang segar, berjalan kaki, atau menikmati makanan.

6. Bicaralah dengan supervisor Anda

Lakukan percakapan terbuka dengan supervisor Anda, untuk menghasilkan rencana yang efektif untuk mengelola penyebab stres yang telah Anda identifikasi, sehingga Anda dapat melakukan pekerjaan yang terbaik di tempat kerja.

 Baca juga: Baim Wong Ajak Paula Verhoeven dan Kiano Mandi Cokelat, Ternyata Ini Manfaatnya!

7. Dapatkan dukungan

Mendapat bantuan dari teman terpercaya dan anggota keluarga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengelola stres.

Jika Anda terus merasa terbebani oleh stres kerja, Anda mungkin ingin berbicara dengan psikolog, yang dapat membantu Anda mengelola stres dengan lebih baik dan mengubah perilaku tidak sehat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini