Desainer Toton Sempat Ragu Jakarta Fashion Week 2021 Digelar Virtual

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 18:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 194 2324063 desainer-toton-sempat-ragu-jakarta-fashion-week-2021-digelar-virtual-LAuT1xEUgc.jpg Karya desainer Toton di JFW (Foto : Instagram/@totonthelabel)

Pandemi Covid-19 berdampak pada banyak sektor, salah satu industri fashion. Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 yang menjadi salah satu perhelatan akbar di Tanah Air pun turut terdampak.

Biasanya Jakarta Fashion Week dihelat meriah setiap tahunnya dengan melibatkan hingga ratusan orang, mulai dari puluhan desainer, selebriti, kru dan penonton langsung. Tapi tahun ini, JFW 2021 yang diigelar dari 26-29 November lalu menghadirkan sekitar 60 desainer harus digelar secara virtual online karena pandemi.

Jakarta Fashion Week 2021

Baca Juga : Jakarta Fashion Week 2021, Rinaldy Yunardi Pamerkan 8 Masker dan Face Shield Futuristis

Jadi momen pertama kalinya dihelat secara virtual tanpa penonton dan buyers secara langsung. Kecemasan akan jalannya acara JFW tahun ini, tidak ditampik oleh salah satu desainer yang berpartisipasi tahun ini, Toton. Toton menyebut, ketika diundang untuk fesyen show di JFW 2021 saat itu belum terjadi pandemi.

“Saat itu masih bayangin seperti biasa digelar dengan penonton langsung. Akhirnya pandemi datang, konsep acara semua berubah. Digelar virtual ini keputusan bijaksana, tapi juga risiko besar karena kita masih awam dan baru bikin acara virtual seperti ini,” kata Toton saat konferensi pers virtual JFW 2021, Selasa (8/12/2020).

Tidak pernah fashion show secara virtual, Toton mengaku dirinya sempat ragu untuk ikut sebagai salah satu jajaran desainer mode yang menampilkan karya-karya rancangannya di panggung runway JFW.

“Jujur waktu itu saya sempat ragu, bahkan ada beberapa teman desainer lain yang akhirnya mundur. Pandemi datang ini kan akhirnya semua berubah, termasuk kreativitas kita sebagai desainer yang akhirnya kita harus sesuaikan dengan kondisi yang terjadi,” ungkapnya.

Desainer Toton

Sempat ragu dan takut dengan penyelenggaran acara pekan mode secara online. Toton mengaku terkejut dengan kelancaran acara dan dampak luas yang ia dapat seusai JFW. Bahkan karena diselenggarakan virtual, Toton bisa berkomunikasi dengan para buyers di Paris.

“Surprised ini berjalan smooth, tepat waktu dan hasil yang ditampilkan presisinya lebih dari ekspektasi saya. Justru impactnya, karena dibuat virtual bikin jangkauannya lebih luas. Buat brand aku sendiri, membuka komunikasi dengan buyers di Paris yang selama ini enggak pernah bertemu,” tutup Toton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini