Baru Belajar Masak? Ini Tips Membeli Peralatan Dapur Sekaligus Merawatnya

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 298 2323607 baru-belajar-masak-ini-tips-membeli-peralatan-dapur-sekaligus-merawatnya-T0ZE0vjLe1.jpg Ilustrasi. (Foto: Timesofindia)

MEMASAK jadi hobi paling hits di masa pandemi Covid-19. Saat masak Anda tentu membutuhkan peralatan dapur dan gadget cooking yang mumpuni.

Namun para pemula biasanya bingung ingin membeli peralatan dapur seperti apa agar mempermudah kegiatan memasak. Tak perlu khawatir, para pakar pun akan berbagi tips praktis bagi Anda yang ingin membeli perlengkapan masak atau gadget cooking yang sangat berguna.

Dikatakan Konsultan Food and Beverage Budi Lee, pemula tak perlu khawatir jika ingin belanja peralatan masak untuk di rumah. Menurutnya, benda yang harus ada adalah wajan, saucepan, sodet, timbangan ukur, hingga barang pecah belah yang awet.

"Di saat membeli, tentu sesuaikan dengan ukuran. Kadang orang suka beli yang penting cakep bagus tapi volume enggak pas," terangnya saat webinar, baru-baru ini.

 dapu

Kemudian, tambahnya, tak sedikit orang lalai saat membeli peralatan dapur, namun tak pernah disadari. Misalnya Anda tidak memerhatikan ketahanan produk yang akhirnya akan cepat rusak dan ganti baru.

"Yang sering lalai adalah produk ini enggak tahan, pas dibeli murah. Lalu 2 bulan kemudian pecah semua dan lecet. Maka kualitas produk harus diperhatikan," tuturnya.

Baca Juga: Mudahnya Bikin Roti Tawar Bagelen si Teman Minum Teh-Kopi, Cuma Pakai 3 Bahan

Ditambahkan Yenny Kusuma Hendra dari Kumala Home Kitchen, usai membeli pastinya perawatan juga perlu diperhatikan. Namun setiap peralatan masak perawatannya berbeda-beda agar awet.

"Perawatan satu produk dengan yang lain berbeda. Saran saya apapun produknya kalau sudah dipakai masak dan makan langsung dicuci. Jangan malas lalu ditumpuk, apalagi dibiarkan semalaman," katanya.

Sebab jika kebiasaan buruk itu yerus dilakukan maka, peralatan masak akan cepat rusak. Tentu hal ini sangat disayangkan, apalagi harganya mahal.

"Makanan ada rasa asam dan berakibat rusak. Kalau wajan antilengket misalnya, jangan direndam. Justru kasih air lalu masak lagi di atas kompor. Kotorannya larut, buang, bersihkan pakai lap," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini