Bikin Hangat Tubuh, Makanan-Minuman Ini Cocok Dinikmati saat Musim Hujan

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 298 2323681 bikin-hangat-tubuh-makanan-minuman-ini-cocok-dinikmati-saat-musim-hujan-m8js07KmQb.jpg Sup kacang hitam cocok dimakan saat musim hujan karena bisa menghangatkan tubuh. (Foto: Bettycrocker)

MUSIM hujan mulai terjadi di akhir tahun ini. Berbagai langkah menjaga kekebalan tubuh pun diimbau untuk dilakukan agar tidak mengalami sakit ketika kehujanan. Salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan atau minuman sehat yang bikin hangat tubuh.

Makanan sehat yang sangat dibutuhkan ketika cuaca dingin atau musim hujan adalah yang mengandung nutrisi dan antioksidan. Asupan ini bisa memberikan tenaga dan menambah kekebalan tubuh saat cuaca dingin.

Baca juga: Ini Makanan yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi saat Musim Hujan 

Lalu makanan atau minuman jenis apa saja yang bisa bikin hangat tubuh dan cocok dikonsumsi ketika musim hujan? Berikut deretannya, seperti dikutip dari Health.com, Selasa (8/12/2020).

1. Oatmeal

Oat adalah biji-bijian utuh yang mengandung serat dan protein nabati untuk menghentikan rasa lapar hanya dalam satu mangkuk. Oatmeal mengandung pati kuat yang disebut beta-glukan. Penelitian di Nutrition Reviews menyatakan hanya 2 gram beta-glukan sehari yang ada pada gandum dan dapat mengurasi kadar kolestrol jahat sebesar 5 sampai 10 persen. Tambahkan topping yang tepat untuk mendapatkan nutrisi lebih.

"Untuk mencampurkan lemak sehat, saya menambahkan mentega almond dan biji chia," kata Keri Gans RD, ahli diet di New York City dan penulis The Small Change Diet.

Oatmeal

2. Cokelat panas

Menghangatkkan tubuh dengan cokelat panas adalah cara yang paling mudah dan nyaman. Cukup buat secangkir susu cokelat favoritmu. Menambahkan sedikit cokelat hitam ke makanan merupakan pendorong kesehatan yang baik. Rasa manis yang mengandung flavonoid, sejenis antioksidan yang dianggap dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, pemicu kanker, dan penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi di Journal of Immunology Research menemukan bahwa sel darah merah kurang rentan terhadap radikal bebas setelah mengonsumsi minuman dengan kakao kaya flavonoid.

Baca juga: Musim Hujan, Ini Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi 

3. Alpukat

Ada cara lain menikmati buah alpukat saat musim dingin. "Alpukat yang dipanggang dalam oven membuatnya lebih lembut," kata Cynthia Sass MPH RD, editor nutrisi kontribusi Health. Lalu tambahkan ke atas sayuran lainnya.

Sekira setengah dari lemak alpukat berasal dari lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan memberikan nutriis agar sel berfungsi.

Menurut American Heart Association, buah alpukat membantu agar tetap merasa kenyang. Sebuah studi di Nutrition Journal menemukan alpukat meningkatkan kekenyangan sebesar 23 persen selama lima jam. Perhatikan ukuran porsinya: satu porsi hanya seperlima dari alpukat.

4. Teh jahe

Jahe memiliki sifat termogenik yang membantu tubuh tetap hangat. Selain itu, jahe juga bisa meningkatkan metabolisme dan aliran darah.

"Jahe memiliki sifat termogenik yang dapat membuat Anda tetap hangat," kata kata Melissa Rifkin, RD, ahli diet bariatrik di Montefiore Medical Center di New York City.

Berkat kekuatan pemanasannya, jahe juga dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan aliran darah. Menambahkan jahe ke dalam teh dapat membantu meredakan nyeri tubuh, seperti rasa nyeri setelah berolahraga.

Baca juga: 5 Cara Tetap Sehat saat Beraktivitas di Musim Hujan 

Sup kacang hitam. (Foto: Bettycrocker)

5. Sup kacang hitam

Sup kacang hitam dengan jintan dan cabai dapat menghangatkan tubuh yang kedinginan. Kacang hitam mengandung sumber zat besi dan tembaga yang baik.

Dengan makan sup ini membantu otot menyerap oksigen lebih banyak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kacang hitam hampir tidak mengandung lemak jenuh.

Penelitian dari American Chemical Society juga menunjukkan kulit kacang hitam mengandung flavonoid antioksidan penangkal penyakit dalam kadar yang lebih tinggi daripada jenis kacang lainnya.

Baca juga: Waspada, Ini 4 Penyakit saat Musim Hujan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini