Tips Mengolah Lidah Buaya Supaya Aman Dikonsumsi, Yuk Diikuti

Diana Rafikasari, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 298 2323943 tips-mengolah-lidah-buaya-supaya-aman-dikonsumsi-yuk-diikuti-APSKni3fkR.jpg Lidah buaya. (Foto: Mozo190/Pixabay)

LIDAH buaya merupakan spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus aloe. Lidah buaya berasal dari Jazirah Arab, namun telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semitropis, dan kering di berbagai belahan dunia.

Lidah buaya ternyata bisa diolah menjadi makanan yang aman dikonsumsi. Tetapi, lidah buaya tidak memiliki rasa yang sangat lezat jika dibuat menjadi makanan. Kelebihannya, hidangan lidah buaya lebih sehat. Namun tentunya harus melalui pengolahan yang baik dan benar.

Baca juga: 5 Manfaat Lidah Buaya, Apa Saja? 

Cukup potong tanaman lidah buaya, tiriskan gelnya, dan tambahkan ke berbagai makanan. Tapi lidah buaya ternyata tidak aman untuk semua orang. Jika Anda merasakan adanya efek samping, hentikan mengonsumsi dan segera konsultasi dengan dokter.

Berikut ini tips mengolah lidah buaya supaya aman dikonsumsi, seperti dikutip dari Wikihow, Selasa (8/12/2020).

1. Gunakan lidah buaya yang tepat

Tidak semua lidah buaya aman dikonsumsi. Lidah buaya yang Anda tanam sendiri sebagai tanaman hias tidak dimaksudkan untuk dimakan. Sebagai gantinya, belilah daun lidah buaya berukuran besar di supermarket. Tidak semua supermarket menjual tanaman lidah buaya. Anda mungkin harus pergi ke toko bahan makanan organik untuk menemukan lidah buaya.

Lidah buaya

2. Potong daunnya menjadi beberapa bagian

Gunakan pisau tajam untuk membuat potongan horizontal daun lidah buaya. Bagian tersebut harus berukuran sekira 3 hingga 4 inci atau 8 sampai 10 sentimeter lebarnya.

3. Potong sisi runcing

Salah satu sisi lidah buaya memiliki ujung yang runcing. Setelah memotong lidah buaya menjadi beberapa bagian, potong ujung runcing dari setiap bagian. Anda hanya perlu memotong bagian berduri, jadi jangan terlalu banyak memotong bagian samping lidah buaya.

Baca juga: 8 Manfaat Jus Lidah Buaya, Atasi Sembelit hingga Bisa Jaga Kecantikan 

4. Iris kulit hijau di sisi yang rata

Satu sisi lidah buaya akan lebih datar dari sisi lainnya. Gerakkan pisau dengan lembut di sepanjang sisi yang lebih rata, mengikis lapisan hijau kulit. Kikis warna hijau secukupnya sehingga Anda mendapatkan lapisan kulit transparan tepat di bawah permukaan hijau.

5. Ambil gelnya

Terdapat gel bening di lidah buaya. Letakkan lidah buaya dan gunakan sendok untuk mengeluarkan gel yang ada di dalam daun. Pindahkan gel ke wadah terpisah. Anda bisa mengonsumsi gel atau membuangnya. Jika Anda tidak ingin memakan atau meminum gel, Anda dapat menyimpannya untuk digunakan sebagai lotion, krim cukur, atau penggunaan topikal lainnya.

6. Dicuci bersih

Sama seperti tanaman lainnya, lidah buaya harus dicuci bersih sebelum dimakan. Bilas lidah buaya di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotorannya. Anda juga wajib memastikan membersihkan gel yang meresap ke sisi tanaman. Dengan cara ini, lidah buaya tidak akan lengket. Jika Anda berencana memakan lidah buaya yang masih ada kulitnya, rendam selama 10 menit di dalam air untuk melembutkan kulit dan membuat tanaman lebih mudah dimakan.

7. Potong sesuai kebutuhan

Setelah memotong dan merendam lidah buaya, potong sesuai kebutuhan untuk hidangan yang Anda buat. Untuk salad, Anda tidak perlu memotongnya lebih jauh. Jika digunakan sebagai hiasan, atau menambahkannya ke sesuatu seperti salsa, Anda perlu memotong lidah buaya.

Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Hilangkan Flek Hitam di Lidah 

8. Makan mentah dan minum gelnya

Lidah buaya memiliki rasa yang ringan. Anda cukup memakan daunnya sendiri sebagai camilan di antara waktu makan. Anda juga bisa mencelupkan lidah buaya ke dalam makanan seperti hummus dan saus sayuran. Beberapa penelitian menunjukkan gel lidah buaya membantu pencernaan dan menurunkan berat badan. Ini juga dapat membantu penyakit kronis seperti diabetes dan sindrom iritasi usus besar. Karena jus lidah buaya tidak memiliki rasa, Anda bisa langsung meminumnya.

9. Dibuat salad

Anda bisa menambahkan lidah buaya ke dalam blender, bersama tomat, ketumbar, garam laut, air jeruk nipis, dan bawang putih. Haluskan campuran hingga menjadi pasta encer. Ini akan membuat salsa yang lezat untuk disajikan dengan taco atau dimakan dengan keripik tortilla. Daun lidah buaya cincang bisa dicampur ke salad apa pun. Ini dapat menambahkan sedikit kerenyahan ekstra dan meningkatkan nutrisi hidangan. Lidah buaya tidak memiliki rasa yang kuat, jadi menambahkan lidah buaya cincang tidak akan memengaruhi rasa hidangan.

10. Tambahkan ke smoothies

Lidah buaya dapat menambahkan tekstur pada smoothies dan juga meningkatkan kesehatan smoothie secara keseluruhan. Anda bisa menambahkan gel lidah buaya ke dalam smoothies atau menambahkan potongan daun lidah buaya.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami, Dicoba Yuk 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini