Ada Bekas Luka di Kulit, Pudarkan dengan 3 Cara Sederhana Ini

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 07:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 481 2323525 ada-bekas-luka-di-kulit-pudarkan-dengan-3-cara-sederhana-ini-0LAsxgBVTq.jpg Ilustrasi memudarkan bekas luka di kulit. (Foto: Yankodesign)

BEKAS luka di kulit bisa dialami siapa saja. Jika berada di bagian tubuh yang terlihat jelas oleh orang lain, bekas luka di kulit bisa cukup mengganggu.

Bekas luka di kulit dinilai sebagai salah satu masalah kosmetik kulit yang paling sulit diobati. Tapi ternyata ada salah satu cara penting untuk menghilangkan bekas luka, yaitu mengetahui jenisnya.

Baca juga: Seniman Ini Ubah Bekas Luka Jadi Karya Seni yang Indah 

Beberapa jenis bekas luka di antaranya keloid, hipertrofik, atrofi, kontraktur, dan bekas luka yang meluas. Mengetahui jenis bekas luka sangat membantu saat memutuskan cara mengobatinya.

Berikut cara-cara sederhana yang bisa Anda coba untuk memudarkan bekas luka, seperti dikutip dari Medical News Today, Selasa (8/12/2020).

Luka. (Foto: Shutterstock)

1. Gunakan lembaran atau gel silikon

Lembaran silikon telah diyakini ampuh memudarkan bekas luka. Sejumlah penelitian selama 20 tahun terakhir telah memastikan bahwa penggunaan lembaran silikon atau gel dapat secara bertahap memperbaiki tampilan bekas luka. Sebuah tinjauan menyatakan bahwa lembaran silikon memperbaiki tampilan bekas luka hipertrofik.

Studi lain menemukan bahwa gel silikon sama efektifnya dengan lembaran silikon dalam menghilangkan bekas luka hipertrofik dan keloid. Gel silikon topikal dapat memberikan perbaikan pada bekas luka keloid dan hipertrofik.

Baca juga: Peneliti Ungkap Luka Pada Malam Hari Lebih Sulit Sembuh 

2. Pakai ekstrak bawang merah

Salah satu solusi alami yang paling terkenal untuk perawatan bekas luka adalah ekstrak bawang. Ekstrak ini banyak tersedia pada produk perawatan bekas luka yang tersedia di toko obat. Beberapa penelitian menemukan bahwa ekstrak bawang merah yang dipatenkan memperbaiki dan menghaluskan bekas luka setelah empat minggu.

Terlepas dari penelitian tersebut, bukti tentang ekstrak bawang merah dan bekas luka masih beragam. Satu penelitian menemukan bahwa ekstrak bawang merah tidak lebih baik dari salep khusus untuk mengobati bekas luka.

3. Chemical exfoliator untuk bekas jerawat

Banyak toner, krim dan serum yang mengandung eksfolian. Zat tersebut dirancang untuk membantu menghilangkan lapisan luar kulit mati. Tidak hanya bermanfaat memudarkan garis-garis halus, eksfolian bermanfaat untuk beberapa jenis bekas luka dan noda hitam.

Satu studi menemukan bahwa chemical exfoliator membantu mengurangi tampilan bekas jerawat dan noda hitam akibat jerawat. Studi lain menemukan pengelupasan asam glikolat dapat memperbaiki tampilan bekas jerawat atrofi.

Namun perlu dicatat, orang yang menggunakan asam glikolat atau produk penghilang bekas luka lainnya sangat disarankan untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya.

Baca juga: Ternyata Baru Sepertiga Masyarakat Indonesia yang Paham Merawat Luka 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini