Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga, Harus Selalu Dilakukan Ya

Diana Rafikasari, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 481 2323546 ini-pentingnya-pemanasan-sebelum-olahraga-harus-selalu-dilakukan-ya-UO5BNR026t.jpeg Ilustrasi pemanasan sebelum olahraga. (Foto: Mohamed Hassan/Pixabay)

OLAHRAGA menjadi kebutuhan penting semua orang di masa pandemi virus corona (covid-19) ini. Pasalnya dengan berolahraga, bisa memperkuat ketahanan tubuh dan menjauhkan dari paparan penyakit.

Tapi sebelum berolahraga, sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu. Ini untuk memperkecil risiko cedera dan menghilangkan kram pada otot.

Baca juga: Wow, Ternyata Kafein Bisa Dongkrak Kinerja Tubuh saat Olahraga 

Ketika mempersiapkan segala jenis olahraga, baik itu kardio, kekuatan, atau olahraga tim, penting meluangkan waktu beberapa menit untuk merenggangkan otot ke mode latihan sehingga mendapat banyak manfaat kebugaran.

Pemanasan dapat membantu tubuh siap untuk aktivitas yang lebih berat dan membuatnya lebih mudah berolahraga. Bisa melakukan pemanasan khusus olahraga atau mencoba pemanasan yang mencakup berbagai gerakan seperti squat, plank, menekuk lutut samping, push-up, pemanasan trisep, atau joging. Pemanasan ini dapat membantu mempersiapkan otot untuk sebagian besar olahraga.

Pemanasan sebelum olahraga. (Foto: Gymnaholic)

Anda dapat memulai secara perlahan dengan versi yang lebih mudah dari setiap pemanasan sebelum melanjutkan ke fase gerakan yang lebih menantang. Cobalah menghabiskan setidaknya 5 sampai 10 menit untuk pemanasan. Makin intens olahraga, maka makin lama pemanasannya.

Pemanasan diawali fokus pada kelompok otot besar. Lalu lakukan pemanasan yang meniru beberapa gerakan yang akan Anda lakukan saat berolahraga. Misalnya jika Anda berencana berlari atau bersepeda, lakukan gerakan lebih lambat dalam pemanasan.

Baca juga: Jalan vs Lari, Mana Lebih Baik Turunkan Berat Badan? 

Jika Anda baru mulai berolahraga atau memiliki kondisi medis dan masalah kesehatan, pastikan berbicara dengan dokter sebelum memulai olahraga. Berikut lima manfaat pemanasan sebelum olahraga, seperti dikutip dari Healthline, Selasa (8/12/2020).

1. Peningkatan fleksibilitas

Menjadi lebih fleksibel dapat membuat Anda lebih mudah bergerak dan berolahraga dengan benar. Risiko cedera jadi lebih rendah. Pemanasan otot dapat membantu rileks yang pada akhirnya dapat menyebabkan lebih sedikit cedera.

2. Peningkatan aliran darah dan oksigen

Memiliki lebih banyak aliran darah membantu otot mendapatkan makanan yang mereka butuhkan sebelum melakukan pekerjaan yang lebih intens.

Baca juga: Setelah Olahraga, Ini Perawatan Kulit yang Harus Anda Lakukan 

3. Ketegangan otot dan nyeri berkurang

Otot yang hangat dan rileks dapat membantu bergerak lebih mudah dan dengan sedikit rasa sakit atau kaku.

4. Peningkatan kinerja

Studi menunjukkan bahwa otot yang dipanaskan dapat membantu berolahraga dengan lebih efektif.

5. Rentang gerak yang lebih baik

Memiliki rentang gerak yang lebih besar dapat membantu menggerakkan persendian lebih penuh.

Baca juga: Penelitian Ungkap Masker Aman Digunakan saat Berolahraga 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini