Alergi di Pagi Hari? Ikuti Cara Ini untuk Mencegahnya

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 481 2323617 alergi-di-pagi-hari-ikuti-cara-ini-untuk-mencegahnya-Srq9izasXS.jpg Ilustrasi alergi. (Foto: Jcomp/Freepik)

BEBERAPA orang kerap mengalami alergi ketika pagi hari. Gejalanya hidung tersumbat, bersin, post nasal, batuk, dan pilek. Ini semua reaksi umum terhadap alergi.

Alergi bisa kambuh kapan saja, terutama selama musim panas. Jika kamu mengalaminya, mungkin akan terasa mengganggu sepanjang hari.

Baca juga: Pria Ini Alami Anafilaksis, Alergi Super Langka terhadap Dingin 

Jika demikian, jangan biarkan alergi menjadikan awal harimu menjadi buruk. Berikut beberapa penyebab gejala alergi di pagi hari dan cara mencegahnya, sebagaimana dirangkum dari Healthline, Selasa (8/12/2020).

Penyebab Utama Alergi di Pagi Hari

Salah satu penyebab alergi yakni karena rinitis alergi. Gejala tersebut terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap alergi di udara yang menyebabkan pembekakan dan peradangan hidung. Gejala lain yang dapat dirasakan yaitu hidung tersumbat, sakit kepala, dan mata berair. Gejala-gejala tersebut bisa terjadi akibat:

1. Serbuk sari

Jika Anda alergi terhadap serbuk sari, maka kemungkinan besar alergi ini akan memburuk di pagi hari. Ini disebabkan karena jumlah serbuk sari meningkat saat pagi.

2. Tungau debu

Alergi juga bisa muncul akibat tungau debu. Tungau debu merupakan serangga mikroskopis yang dapat hidup di rumah, seperti kamar tidur.

Tungau debu cenderung hidup dan berkembang biak di kasur, bantal, tempat tidur, dan furnitur. Tungau debu tidak menggigit atau menyebarkan penyakit. Tetapi jika tidur di tempat tidur yang penuh dengan tungau, Anda akan terbangun dengan gejala alergi setiap pagi.

Baca juga: Pentingnya Mengenali Penyebab Alergi pada Anak-Anak 

3. Bulu hewan peliharaan

Bulu hewan peliharaan adalah pemicu lain alergi pagi hari, terutama jika hewan peliharaan Anda tidur di tempat tidur atau kamar tidur yang sama dengan Anda. Meskipun hewan peliharaan tidak tidur dengan Anda, bulu hewan peliharaan itu masih terkumpul dan menempel di kasur dan karpet.

4. Jamur

Jamur dalam ruangan juga dapat memperburuk alergi di pagi hari. Ini terutama jika kamar tidur Anda berada di dekat kamar mandi, atau di dekat sarang jamur.

Tapi tenang saja, gejala alergi di pagi hari bisa dicegah dengan beberapa cara, baik jika mengalami rinitis alergi atau rinitis nonalergi. Berikut ini langkahnya:

1. Jangan biarkan hewan peliharaan tidur atau berapa di tempat tidur Anda. Mandikan hewan pelihataan setidaknya seminggu sekali untuk mengurangi alergi.

2. Hindari penggunaan karpet di kamar tidur.

3. Gunakan dehumidifier untuk mengurangi tingkat kelembapan di kamar tidur. Ini membantu membunuh tungau debu.

Baca juga: Mencegah Alergi pada Anak Bisa Dilakukan Sejak di Kandungan Lho 

4. Letakkan sarung antitungau di atas kasur dan bantal.

5. Minum antihistamin setiap malam sebelum tidur.

6. Bersihkan kamar agar tidak ada debu yang menumpuk.

7. Sedot karpet setidaknya sekali seminggu menggunakan penyedot debu. Cuci tempat tidur, termasuk seprai dan sarung bantal seminggu sekali dengan air panas (setidaknya 130 derajat Fahrenheu atau 54 derajat Celsius).

8. Jangan tidur dengan jendela terbuka. Ini dapat membantu menghilangkan serbuk sari di kamar tidur.

Baca juga: Begini Cara Membedakan Alergi dengan Infeksi 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini