Mengerikan! Ini Daftar Penyakit yang Disebabkan Paparan Asap Rokok

Diana Rafikasari, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 481 2323818 mengerikan-ini-daftar-penyakit-yang-disebabkan-paparan-asap-rokok-m3tCcvRhbw.jpg Merokok (Foto: The Classy Woman)

Merokok langsung dan perokok pasif, keduanya sama-sama terkena dampak kesehatan serius. Meskipun merokok secara langsung lebih buruk, keduanya memiliki efek merugikan yang serupa bagi kesehatan.

Bahkan, orang yang menghirup asap rokok atau perokok pasif dipengaruhi oleh bahan kimia yang terkandung dalam asap tersebut.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari 7.000 bahan kimia yang ditemukan dalam asap rokok. Secara keseluruhan, setidaknya 69 bersifat kanker.

merokok 

Cairan seperti darah dan urin pada bukan perokok dites positif mengandung nikotin, karbon monoksida, dan formaldehida. Semakin lama Anda terpapar asap rokok, semakin besar risiko Anda menghirup bahan kimia beracun ini.

Secara keseluruhan, WHO memperkirakan bahwa 1,2 juta kematian dini per tahun terkait dengan asap rokok di seluruh dunia. Ini adalah masalah kesehatan serius yang dapat mempengaruhi orang dewasa dan anak-anak yang terpapar asap rokok.

Satu-satunya cara untuk menghilangkan risiko tersebut adalah dengan menjauhi asap rokok sepenuhnya.

Paparan asap rokok umum terjadi pada orang dewasa. Anda mungkin bekerja dengan orang yang merokok di sekitar Anda, atau terpapar selama acara sosial dan rekreasi.

Kondisi ini juga bisa terjadi karena tinggal bersama anggota keluarga yang merokok. Pada orang dewasa, perokok pasif dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, di mana orang yang terpapar asap rokok 25%-30% berisiko lebih besar terkena penyakit jantung dan memiliki risiko stroke yang lebih tinggi.

Selain itu, paparan asap rokok dapat memperburuk kasus tekanan darah tinggi yang sudah ada sebelumnya.

Bahkan Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) Konsultan Rumah Sakit Persahabatan Dr. dr. Agus Dwi Susanto Sp.P (K) menjelaskan, rokok itu berbahaya bagi semua manusia. "Kandungan yang ada di rokok mampu memberikan dampak negatif bagi tubuh. Baik itu nikotinnya, tar, ataupun tembakau itu sendiri."

Akibat buruknya rokok, orang dewasa bisa terkena asma dan sering mengalami penyakit pernapasan. Jika Anda sudah menderita asma, berada di sekitar paparan asap rokok dapat memperburuk gejala.

Paparan asap rokok bahkan dapat menyebabkan kanker paru-paru pada orang dewasa yang tidak langsung menghisap produk tembakau.

Tinggal atau bekerja dengan seseorang yang merokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru, sebanyak 30%.

Paparan asap rokok secara terus menerus juga menyebabkan kanker payudara, leukemia dan limfoma. Meskipun paparan asap rokok secara teratur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada orang dewasa, anak-anak bahkan lebih rentan terhadap efek berada di sekitar asap rokok. Ini karena tubuh dan organ mereka masih dalam tahap perkembangan.

Adapun risiko paparan asap rokok pada anak-anak mencakup perkembangan paru-paru dan asma yang tertunda, lebih sering mengalami infeksi seperti peumonia dan bronkitis, infeksi telinga, gejala asma yang memburuk, gejala asma atau pilek yang konstan dan tumor otak. Bayi bahkan lebih rentan terhadap efek asap rokok karena dapat menyebabkan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Wanita hamil yang terpapar asap rokok juga dapat melahirkan anak dengan berat badan lahir rendah. WHO memperkirakan bahwa 65.000 kematian dilaporkan pada anak-anak terkait dengan perokok pasif.

 Baca juga: Tidak Disangka, 4 Tanaman Liar Ini Ternyata Bisa Dimakan Lho

Dilansir dari Healthline, Selasa (8/12) sebagai orang tua, salah satu cara terbaik untuk mencegah paparan asap rokok bagi anak adalah dengan berhenti merokok sendiri.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini