Pagi atau Sore Waktu Terbaik untuk Olahraga?

Diana Rafikasari, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 481 2323826 pagi-atau-sore-waktu-terbaik-untuk-olahraga-eo32SssfDy.jpeg Ilustrasi olahraga. (Foto: Gymnaholic)

OLAHRAGA menjadi bagian penting di masa pandemi ini. Dengan melakukan olahraga secara rutin, kesehatan tubuh akan lebih terjaga, wabah penyakit pun sulit menyerang.

Sejumlah orang lebih suka melakukan olahraga pada pagi hari. Ada juga yang mengerjakannya sore atau malam usai sibuk beraktivitas di tempat kerja. Lalu yang menjadi pertanyaan, manakah waktu yang terbaik untuk berolahraga?

Baca juga: Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga, Harus Selalu Dilakukan Ya 

Ini adalah topik yang banyak diperdebatkan di kalangan atlet, pakar olahraga, dan peneliti. Meskipun ada beberapa bukti bahwa sore hari adalah waktu yang optimal untuk berolahraga, ada manfaatnya di waktu lain juga. Apa pun yang terjadi, waktu terbaik untuk berolahraga adalah waktu yang paling cocok untuk Anda.

Selama beberapa waktu, para ahli telah mencatat bahwa sore dan menjelang malam adalah waktu terbaik untuk berolahraga. Menurut penelitian, Anda akan mendapatkan hasil yang optimal saat suhu tubuh berada pada titik tertinggi. Bagi kebanyakan orang, yaitu pukul 16.00 hingga 17.00, meskipun beberapa penelitian memperpanjang waktu ini menjadi 19.00.

Baca juga: Selesai Olahraga Bolehkah Langsung Mandi? 

Pada jam inilah kekuatan dan daya tahan tubuh mencapai puncaknya. Para olahragawan cenderung tampil lebih baik pada tes performa fisik yang mengukur kapasitas aerobik dan waktu reaksi juga. Ini juga waktu yang tepat untuk mencegah cedera. Anda mungkin lebih waspada dan fokus di sore hari dan otot menjadi hangat dari aktivitas hari itu.

Sebagaimana dilansir Very Well Fit, Selasa (8/12/2020) di pagi hari, tepat sebelum Anda bangun, suhu tubuh berada di titik terendah dalam sehari. Ini menandakan bahwa pagi hari bukanlah waktu terbaik untuk berolahraga.

Namun, ada beberapa keuntungan dari rutinitas pagi. Seperti halnya berlari di pagi hari dapat membantu Anda tetap termotivasi. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga pada pagi hari lebih konsisten dengan program olahraganya dibandingkan mereka yang berolahraga ketika sore atau malam hari.

Meskipun bukti waktu terbaik untuk berolahraga masih menjadi perdebatan, intinya adalah olahraga lebih baik daripada tidak sama sekali. Berolahragalah sesuai jadwal yang Anda miliki. Tidak peduli jam berapa melakukannya, olahraga teratur akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Wow, Ternyata Kafein Bisa Dongkrak Kinerja Tubuh saat Olahraga 

Olahraga. (Foto: Mohamed Hassan/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini